Bayi Laki-laki Dibuang dalam Kardus di Jalan Kampung Trenggalek

Adhar Muttaqin - detikNews
Sabtu, 23 Okt 2021 20:59 WIB
Bayi laki-laki yang diduga baru dilahirkan, dibuang di pinggir jalan kampung di Kecamatan Durenan, Trenggalek. Bayi tersebut ditemukan warga dan dilarikan ke layanan kesehatan.
Lokasi pembuangan bayi laki-laki/Foto: Istimewa
Trenggalek -

Bayi laki-laki yang diduga baru dilahirkan, dibuang di pinggir jalan kampung di Kecamatan Durenan, Trenggalek. Bayi tersebut ditemukan warga dan dilarikan ke layanan kesehatan.

Kapolsek Durenan Iptu Panut mengatakan, penemuan bayi itu terjadi di pinggir jalan kampung di Desa Panggungsari, sekitar pukul 14.00 WIB. "Yang menemukan pertama kali itu Ibu Sutini. Dia sedang duduk di teras mendengar suara tangis, awalnya dikira kucing," kata Panut, Sabtu (23/10/2021).

Karena suara tangis tersebut tidak kunjung berhenti, Sutini pun penasaran, sehingga ia mencari sumber suara. Saat itulah ia melihat kardus terbungkus plastik yang diletakkan di bawah tanaman pagar.

"Kardus tersebut oleh saksi dibuka, ia kaget ternyata isi di dalam kardus tersebut adalah seorang bayi masih hidup dalam posisi terlentang tanpa ari-ari," ujarnya.

Mengetahui hal itu, Sutini langsung memberi tahu warga sekitar dan diteruskan ke perangkat desa dan kepolisian. Bayi berjenis kelamin laki-laki itu akhirnya dievakuasi oleh petugas kepolisian ke Puskesmas Durenan, untuk mendapatkan penanganan medis.

"Saat ini bayi tersebut dirujuk ke RSUD dr Soedomo untuk mendapatkan penanganan yang lebih intensif," imbuhnya.

Kapolsek menambahkan, terkait dugaan pembuangan bayi itu, polisi langsung bergerak untuk melakukan proses penyelidikan. Guna mengungkap pelaku pembuangan.

"Saat ini masih kami selidiki. Termasuk dengan melakukan pemeriksaan para saksi yang ada di sekitar lokasi penemuan," jelasnya.

Sementara Humas RSUD dr Soedomo Trenggalek Sujiono mengatakan, saat ini bayi tersebut masih dalam penanganan dokter. Dari pemeriksaan sementara, kondisi bayi dalam keadaan sehat dan dapat minum dengan lancar.

"Untuk lebih detailnya masih dalam pemeriksaan dan pemantauan, tapi secara umum cukup sehat. Tadi saat diukur, bayi itu panjangnya 50 sentimeter, berat badan 2,8 kg, dengan suhu 36 derajat celsius," imbuhnya.

(sun/bdh)