Wapres Apresiasi Pelayanan Publik di Banyuwangi, Mulai Mal hingga Pasar

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 19:24 WIB
Wapres Apresiasi Pelayanan Publik Banyuwangi, dari Mal, Pasar, sampai Kawasan Nelayan
Wapres Ma'ruf Amin didampingi Bupati Ipuk dan Gubernur Khofifah (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Usai melakukan lawatan di Situbondo, Wapres Ma'ruf Amin mengunjungi Banyuwangi. Orang nomor dua di Indonesia tersebut mengunjungi Mal Pelayanan Publik (MPP) dan Lounge Pelayanan Publik.

Didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Wapres melihat sejumlah gerai layanan Kamis (21/10/2021). MPP Banyuwangi merupakan pusat layanan yang berdiri sejak 2017 tercatat sebagai MPP pertama di Indonesia yang diinisiasi pemerintah kabupaten.

Saat ini telah mengintegrasikan 233 layanan dari 24 instansi. Di antaranya asistensi layanan perizinan berusaha berbasis risiko melalui sistem Online Single Submission (OSS), administrasi kependudukan, paspor, layanan Kementerian Agama, kepolisian, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, dan sebagainya.

Wapres juga mengecek berbagai fasilitas pendukung bagi pengunjung agar nyaman selama mengakses layanan, seperti sudut baca, ruang laktasi, playground, dan musala. Selain itu sempat berdialog dengan warga yang tengah mengurus perizinan usahanya.

"Sedang mengurus izin usaha kecil saya pak," jawab Lusi, salah seorang warga, saat ditanya wapres.

Wapres juga menanyakan Pasar Pelayanan Publik yang pernah dikunjungi Presiden Joko Widodo pada tahun lalu. "Kalau Pasar Pelayanan Publik itu bagaimana?" tanya Wapres.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, Pasar Pelayanan Publik merupakan pengembangan dari MPP. Hal tersebut bertujuan untuk semakin mendekatkan layanan kepada masyarakat. Saat ini, Pasar Pelayanan Publik itu terletak di Pasar Rogojampi guna menjangkau kawasan tengah Banyuwangi. Juga di Pasar Genteng guna menjangkau kawasan selatan Banyuwangi.

"Sekaligus ini bagian dari menyemarakkan pasar tradisional, karena lokasinya memang jadi satu dengan pasar tradisional. Warga bisa mengurus dokumen sambil berbelanja," tutur Ipuk.

Lihat juga video 'Dor Dor Dor! Aksi Raider 509 'Selamatkan' Operator Tambang Emas dari Teroris':

[Gambas:Video 20detik]