Raider 509 'Selamatkan' Operator Tambang Emas Banyuwangi dari Teroris

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 20 Okt 2021 13:52 WIB
Banyuwangi -

Skenario pembebasan sandera dari teroris dilakukan oleh Raider Batalyon 509 di kantor External Affairs PT Bumi Suksesindo, operator tambang emas Gunung Tumpangpitu, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Drama pembebasan sandera berlangsung dramatis dan mirip kejadian aslinya.

Dalam simulasi dan latihan ini, sekelompok teroris bersenjata menyerang perusahaan tambang emas di Banyuwangi, Jawa Timur. Kelompok ini berupa merampok emas untuk suplai rencana-rencana terorisme di Indonesia. Dalam aksinya, kelompok teroris ini telah menyekap pimpinan perusahaan tambang emas sebagai sandera.

Baku tembak antara pasukan khusus TNI dan teroris pun tidak terelakkan. Kurang dari 1 jam, seluruh teroris ini berhasil dibekuk. Taktik yang jitu dan timing yang pas dari TNI, membuat operasi penumpasan teroris di Banyuwangi ini tidak memakan satu pun korban.

"Latihan ini kita fokuskan di perusahaan BSI yang seolah dimasuki teroris dan pimpinannya beserta manajemen BSI disandera. Kita datang mendapatkan misi untuk membebaskan," kata Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad, Mayjen TNI Andi Muhammad kepada detikcom, Selasa (19/10/2021).

Tim khusus TNI yang diterjunkan pun berhasil membekuk para teroris ini dan membebaskan semua sandera. Ratusan pasukan yang diterjunkan selanjutnya menyisir seluruh area tambang emas untuk memastikan wilayah tersebut sepenuhnya telah terbebas dari ancaman teroris.

"Ini adalah latihan pemantapan raider. Ada 4 batalion di tahun 2021 ini yang kita latih. Ada 3 materi teknis dan taktis menyerupai medan sebenarnya. Salah satunya terlibat skenario operasi khusus dalam pembebasan sandera oleh teroris," ujarnya.