Sukses Jadi YouTuber, Warga 'Kampung YouTuber' Malah Disangka Pelihara Tuyul

Chuk Shatu Widarsha - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 16:17 WIB
Kampung Youtuber di Bondowoso Kini Sering Jadi Jujukan Untuk Belajar Jadi Youtuber
Pemuda di Bondowoso jadi YouTuber (Foto: Chuk Shatu Widarsha/detikcom)
Bondowoso -

Menjadi YouTuber lalu meraup uang jutaan rupiah bagi warga di Dusun Posong, Desa/Kecamatan Tapen, Bondowoso, tidak serta merta enak. Cemoohan dan fitnahan tetangga atau desa lain kerap didengar dan selalu menghiasi sehari-harinya.

Salah satunya dialami Angga. Bagi warga desa, orang yang tiba-tiba bisa membeli mobil, bahkan bisa umrah, cukup aneh. Apalagi, awalnya dikenal bukan dari orang yang berkecukupan.

"Fitnahannya macam-macam. Misalnya, dikira pelihara tuyul," papar Angga, saat berbincang dengan wartawan, Selasa (19/10/2021).

Baca juga: Berkat YouTube, Utang yang Menjerat Warga-Pemuda 'Kampung YouTuber' Bondowoso Lunas

Bukan hanya itu saja. Bentuk fitnahan lainnya yang harus diterima yakni dirinya dinilai memiliki pesugihan. Serta hal-hal supranatural maupun berbau mistis lain.

Karena bagi orang desa, mendadak kaya tanpa bekerja secara nyata merupakan hal yang mustahil. Tak masuk akal. Apalagi nilainya cukup fantastis, uang ratusan juta per bulan. Mereka menganggap tidak mungkin memiliki uang banyak tanpa bekerja, jika tidak memiliki pesugihan dan tuyul.

"Bagi warga kan aneh. Tak punya penghasilan tetap, serta tak memiliki sawah luas tiba-tiba punya mobil dan umroh, kan aneh bagi warga desa," katanya sembari tersenyum.

Simak juga 'Frans Sanjaya, Youtuber Spesialis Action Figure Jutaan Rupiah':

[Gambas:Video 20detik]