KPK Kejar Aset Bupati Tantri dan Suami

M Rofiq - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 15:49 WIB
rumah bupati probolinggo puput Tantriana Sari dan Hasan Aminuddin
Rumah Bupati Probolinggo dan suaminya (Foto file: M Rofiq/detikcom)
Probolinggo -

KPK mengejar harta kekayaan dan sejumlah aset milik Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dan suaminya Hasan Aminuddin. KPK pun berkirim surat ke Dinas Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Pemkot Probolinggo untuk mengetahui aset-aset dan harta kekayaan pasutri tersebut.

Kepala Dinas BPPKAD Pemkot Probolinggo Wawan Soegyanto membenarkan KPK telah berkirim surat menanyakan soal harta dan kekayaan keduanya.

"Ada surat dari KPK 3 minggu lalu dan sekitar 3 hari lalu langsung surat kita balas. Surat itu berisi permintaan data aset milik Bupati Probolinggo (PTS) dan suaminya HA," kata Wawan, saat dikonfirmasi wartawan di kantornya, Selasa (19/10/2021).

Baca juga: KPK Panggil Plt Bupati Probolinggo Terkait Kasus Suap Jual-Beli Jabatan

Dia menambahkan pihaknya sudah memberikan informasi dan memberikan data aset pasutri Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dan suaminya Hasan Aminuddin, yang terekam di PBB dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

"Isi surat balasan yang kita kirim berisi data yang terekam di PBB dan BPHTB. Berupa tanah dan bangunan. Untuk jumlahnya saya lupa, yang jelas harta tidak bergerak tersebar di Kota Probolinggo," tambahnya.

Hingga kini, penyidik KPK masih terus intensif melakukan pemeriksaan saksi-saksi kasus jual beli jabatan di lingkungan Pemkab Probolinggo. Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dan suaminya anggota DPR RI Hasan Aminuddin selain ditetapkan menjadi tersangka jual beli jabatan, juga ditetapkan sebagai tersangka dugaan gratifikasi dan TPPU.

Simak video 'KPK panggil 11 saksi kasus gratifikasi-TPPU Bupati Probolinggo':

[Gambas:Video 20detik]