Jip Mini Buatan Santri Jember Akan Urus Legalitas dan HaKI

Yakub Mulyono - detikNews
Sabtu, 16 Okt 2021 13:37 WIB
jip mini
Jip mini buatan santri (Foto: Yakub Mulyono)
Jember -

Jip mini karya santri di Jember kini ada 4 jenis mobil. Mulai dari Hardtop, Rubicon, Willys, dan Land Cruiser.

Mengenai legalitas, mobil itu masih memakai BPKB dan STNK Suzuki Carry. Karena mesin yang dipakai memang mesin milik Suzuki Carry.

"Sementara ini BPKB dan STNK-nya adalah dari mesin mobil Suzuki Carry yang dipasang dalam Jip mini itu," kata Pengasuh Ponpes Roudatul Ulum Gus Nadhif Muhammad Mishbah, Sabtu (16/10/2021).

Tapi ke depan, pihaknya akan memikirkan legalitas dari produksi mobil tersebut. Bahkan juga berupaya agar ada Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI).

"Agar nantinya benar-benar menjadi hasil produksi dari santri. Apalagi ini bukti jika santri salaf tidak hanya bisa mengaji kitab kuning. Tapi punya karya kreasi dan cipta dengan mobil Jip Mini ini," ujarnya.

"Untuk Hak Karya Cipta atau HaKI itu, harapan saya ada andil pemerintah (perhatian). Kami sepakat untuk menghasilkan karya bermanfaat, dan ini kan juga mengharumkan nama Jember. Tentunya kami juga di lindungi," sambung Gus Nadhif.

Lebih lanjut Gus Nadhif menyampaikan, dengan hasil karya santri dalam bentuk mobil mini ini, pihaknya tidak ingin kemudian melanggar aturan.

"Kami tidak ingin dituding memalsukan produk yang sudah ada. Kita hanya ingin berkarya," ujarnya.

Tonton juga video icip-icip Subway yang baru buka lagi di Indonesia berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)