Keren! Siapa Sangka Jip Mini Ini Dibuat Oleh Santri

Yakub Mulyono - detikNews
Sabtu, 16 Okt 2021 10:34 WIB
jip mini
Jip mini buatan santri di Jember (Foto: Yakub Mulyono)
Jember -

Berbekal niat untuk mengembangkan potensi diri, para santri di Jember berhasil merakit kendaraan bermotor roda empat dalam bentuk Jip Mini. Perbandingan ukuran kendaraan jip mini dengan aslinya adalah 1:50.

Adalah para santri Pondok Pesantren Roudatul Ulum dan santri Pondok Pesantren Ponpes Sahlul Manal yang melakukannya. Kolaboras mereka terwujud dalam jip mini. Keren.

Ada 4 model mobil jip mini yang sudah diproduksi, yakni Hardtop, Rubicon, Willys, dan Land Cruiser

Pengasuh Ponpes Roudatul Ulum Gus Nadhif Muhammad Mishbah mengatakan pembuatan jip mini ini dilakukan di saat tidak ada kegiatan belajar atau mengaji di Pondok.

"Biasanya hari Jumat, Sabtu, atau Minggu. Pokok ada senggang waktu," ujar Gus Nadhif kepada detikcom di rumahnya, Sabtu (16/10/2021).

Gus Nadhif mengatakan terkait kelebihan mobil jip mini bikinan santri itu, dibanding dengan mobil aslinya, adalah lebih irit. Karena menggunakan mesin 1000 cc. Juga bisa lincah untuk di jalan rawan macet.

"Kalau untuk dijalan padat atau macet lincah, karena sistemnya sama dengan power stering, ringan banget. Bahkan Kalau mobil ini dibawa dengan kecepatan 100 km/jam masih bisa stabil. Sudah kita buktikan saat dibawa ke Situbondo," ungkapnya.

Namun demikian, diakui oleh Gus Nadhif, masih perlu adanya penyempurnaan dari mobil mini jip yang dibuatnya bersama santri itu.

"Masih terus kita kembangkan, baik mesin, kenyamanan berkendara, faktor keamanan. Bahkan soal Hak Cipta dari mobil ini. Karena biar bawanya lebih enak. Untuk skalanya 1:50 dibanding mobil asli," ucapnya.

Lebih lanjut Gus Nadhif menyampaikan, untuk produki Jip Mini itu di masa mendatang, akan diupayakan untuk bisa semakin banyak.

"Tentunya untuk bisa kami jual adanya produk ini. Sebagai hasil kreatifitas santri dan kemampun santri yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Tapi nantinya masih kami sempurnakan lagi," tandasnya.

Simak juga 'ni Kabar Terbaru Ban Tanpa Angin Buatan TNI AD':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)