IJTI Tapal Kuda Sebut Video Hoax Direktur TV Swasta Bukan Produk Jurnalistik

Chuk S Widarsha - detikNews
Jumat, 15 Okt 2021 15:15 WIB
Bondowoso -

Direktur BSTV Bondowoso Arief Zainurrohman (AZ) ditangkap terkait postingan hoax dan SARA. AZ mengunggah postingan video tersebut di channel akun YouTube 'Aktual TV'.

Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Tapal Kuda menyebut bahwa apa yang dibuat oleh Arief bukan merupakan produk jurnalistik. Video itu tidak ditayangkan di TV tempat dia menjadi direktur, namun diunggah di akun YouTube pribadi.

"Perlu kami klarifikasi dan luruskan. Bahwa tayangan yang dimaksud terkait kasus ini, merupakan tayangan medsos," terang Sekretaris IJTI Tapal Kuda Mahfud Sunarji saat ditemui di Bondowoso, Jumat (15/10/2021).

Mahfud mengatakan channel YouTube tempat Arief mengunggah videonya bernama Aktual TV. Sehingga, jika dilihat sepintas namanya memang seolah televisi. Padahal, itu cuma nama saja.

"Itu kan bukan lembaga penyiaran publik resmi, sebagaimana diatur dalam Undang-undang 32 Tahun 2002 tentang penyiaran," kata Mahfud.

Mahfud menambahkan Arief memang adalah direktur di PT Bondowoso Salam Visual Nusantara Satu yang memiliki siaran lokal bernama BSTV.

"Pun konten-konten yang diunggah dalam akun medsos itu bukanlah merupakan produk jurnalistik yang berada dibawah lindungan UU 40 tahun 1999 tentang pers," pungkas jurnalis televisi nasional ini.

Oleh sebab itu, kata Mahfud, konten-konten yang diunggah di YouTube berupa Aktual TV itu murni media sosial, bukan perusahaan pers yang resmi. Maka, IJTI Tapal Kuda mendukung langkah polisi untuk menindak berita-berita berbau SARA dan hoaks.

(iwd/iwd)