Khofifah Bangga Jatim Sabet Ratusan Medali di PON XX Papua 2021

Hilda Meilisa - detikNews
Jumat, 15 Okt 2021 13:53 WIB
Khofifah Bangga Jatim Sabet Ratusan Medali di PON XX Papua 2021
Foto: Tangkapan Layar
Surabaya -

Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengaku bangga atas raihan prestasi yang ditoreh kontingen Jawa Timur di PON XX Papua 2021. Para atlet ini menyabet total 110 medali emas, 89 perak dan 88 medali perunggu.

Atas prestasi ini, Jatim berada pada urutan ketiga pada klasemen akhir. Sedangkan urutan pertama ada Jawa Barat dengan 133 medali emas, 105 perak dan 115 perunggu dan Jakarta dengan raihan 110 emas, 91 perak dan 100 perunggu.

Khofifah menyebut, perolehan ratusan medali ini dari berbagai cabang olahraga (cabor). Mulai dari Wushu, tenis hingga renang.

"Alhamdulillah, kontingen Jawa Timur telah berhasil memberikan yang terbaik pada PON XX Papua 2021 dan juara umum di Cabor Wushu, Tenis, Renang OWS, Selam Kolam, Aeromodelling, Panjat Tebing, Panahan, gulat, renang dan paralayang serta belasan rekor PON terpecahkan," kata Khofifah di Surabaya, Jumat (15/10/2021).

Tak hanya itu, Khofifah mengatakan para atlet ini merupakan pejuang di bidang olah raga. Dia menambahkan prestasi yang didapat, merupakan buah dari latihan dan kerja keras.

"Apresiasi dan terima kasih para pahlawan olah raga Jawa Timur atas perjuangan dan kerja keras para atlet dan ketekunan para pelatih sehingga mengharumkan nama Jawa Timur di PON XX Papua 2021. Sejak awal untuk PON XX Papua saya sampaikan, pertama Salam NKRI, kedua salam prestasi," tambahnya.

Khofifah juga berharap prestasi ini memicu para atlet lain untuk berlatih dan bekerja keras untuk meraih kemenangan di ajang olahraga ke depan.

"Prestasi ini bukan hanya menginspirasi dan membanggakan seluruh rakyat Jawa Timur, tetapi juga akan memacu lahirnya prestasi-prestasi olahraga lainnya yang lebih gemilang di masa mendatang. Sampai ketemu di Gedung Negara Grahadi sepulangnya dari Papua. Jangan lupa bawa oleh-oleh khas Papua untuk keluarga di rumah," pungkas Khofifah.

(hil/fat)