Elektabilitas PKB Tertinggi di Jatim Menurut Survei, Golkar Ketiga

Faiq Azmi - detikNews
Senin, 11 Okt 2021 21:45 WIB
Lembaga The Republic Institute merilis hasil survei soal elektabilitas partai politik di Jatim. Elektabilitas Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tertinggi.
Sufyanto, Direktur The Republic Institute/Foto: Faiq Azmi/detikcom
Surabaya -

Lembaga The Republic Institute merilis hasil survei soal elektabilitas partai politik di Jatim. Elektabilitas Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tertinggi.

"Untuk elektabilitas, PKB tertinggi, diikuti PDIP dan Golkar. Bila melihat kondisi data elektabilitas ini yang cukup mengalami kenaikan dari tren tahun sebelumnya yakni Golkar," kata Sufyanto, Direktur The Republic Institute, Senin (11/10/2021).

Dalam survei yang dilakukan The Republic Institute, elektabilitas PKB tertinggi yakni 25,2 persen. Diikuti PDIP 19,6 persen. Golkar dengan 11,8 persen.

Lalu di mana Gerindra dan Demokrat? Sufyanto menyebut, Gerindra di posisi keempat dengan 11,7 persen, dan Demokrat 9,1 persen.

"Peningkatan PKB yang luar biasa besar ini terjadi salah satunya karena imbas di beberapa wilayah kabupaten, bupatinya berasal dari kader PKB, seperti Sidoarjo. Masyarakat juga melihat PKB saat ini lebih harmonis pada tataran kepengurusan. Mulai tingkat kabupaten, provinsi sampai pusat," katanya.

"Yang tidak kalah besar peningkatan suaranya adalah Golkar. Golkar mampu menyodok di urutan ketiga hasil survei. Padahal kalau kita lihat di parlemen, Golkar urutan kelima setelah PDIP, PKB, Gerindra dan Demokrat. Peningkatan Golkar ini disebabkan oleh beberapa alasan, seperti tokoh-tokoh Golkar di wilayah banyak yang bergerak di bawah tanah. Golkar Jatim juga sering mengadakan kegiatan di daerah-daerah, seperti vaksinasi, lalu bagi-bagi sembako," sambungnya.

Untuk Gerindra, lanjut Sufyanto, meski turun dari urutan ketiga ke urutan keempat, tapi masih cukup tinggi suara partai tersebut. Selisih hasil survei terkait elektabilitas hanya 0,1 persen dengan Golkar.

"Tingginya suara Gerindra ini disebabkan karena beberapa tokohnya sangat intens turun dan menyapa konstituennya. Sedangkan Partai Demokrat relatif stagnan," jelasnya.

Ketua DPD Golkar Jatim Sarmuji mengatakan, hasil survei tersebut merupakan angka tertinggi yang didapat Golkar di Jatim. "Alhamdulillah elektabilitas Partai Golkar di Jawa Timur naik signifikan. Ini hasil survei tertinggi sejak beberapa Pemilu terakhir oleh berbagai lembaga survei. Semoga bisa kita tingkatkan lagi sampai Pemilu 2024," katanya.

Sarmuji juga menanggapi naiknya hasil survei dari Ketum Airlangga Hartarto di Jatim. Jika sebelumnya hasil survei Airlangga berada di angka 1 persen, maka kini sudah mencapai 4,5 persen.

Lihat juga video 'Elektabilitas PDIP-Gerindra Turun, PKB Masuk 3 Teratas Versi SMRC':

[Gambas:Video 20detik]