Pembunuhan Suami ke Istri Siri di Kota Malang Digelar, 55 Adegan Diperagakan

Muhammad Aminudin - detikNews
Kamis, 07 Okt 2021 18:29 WIB
pembunuhan di malang
Salah satu adegan rekonstruksi (Foto: Muhammad Aminudin)
Kota Malang -

Polisi menggelar reka ulang kasus pembunuhan suami terhadap istri siri di Jalan Emprit Mas, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Ada 55 adegan yang diperagakan selama rekonstruksi.

Tersangka Sofianto Liemmantoro (56) dihadirkan dengan pengawalan ketat polisi bersenjata lengkap.

Tak hanya itu, selama proses rekonstruksi rumah yang jadi lokasi pembunuhan juga dijaga oleh polisi bersenjata lengkap, ditambah dua ekor anjing pelacak dari Polresta Malang Kota. Tak ketinggalan penyidik dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Malang juga dihadirkan untuk melihat rekonstruksi.

Terlihat warga sekitar dan tetangga korban juga tampak memperhatikan proses rekonstruksi. Mereka tertarik melihat dari jauh bagaimana pembunuhan yang kejam ini berlangsung.

Tampak pelaku pembunuhan, dengan tenang memeragakan ia menghabisi nyawa istrinya Ratna Darumi Soebagio (56).

Sofianto Liemmantoro memeragakan awal mula ia masuk rumah, menghabisi istrinya yang dinikahi 14 tahun dengan martil di kamar mandi, hingga keluar rumah.

Tak ketinggalan proses evakuasi jasad korban yang dilakukan pelaku dengan anak kandung korban juga dilakukan. Pelaku mengaku kepada anak kandung korban yang mendapati ibunya tewas di kamar mandi, karena terjatuh.

Alhasil ada adegan bagaimana Sofianto ini bersama anak korban memasukkan jasad Ratna Darumi ke mobil anak korban. Pelaku sedemikian rapinya mempersiapkan aksi pembunuhannya, termasuk bagaimana cara mengelabui keluarga korban yang mengecek ke lokasi.

Selama proses rekonstruksi berlangsung kawalan ketat dari petugas kepolisian terus dilakukan ke tersangka, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Setelah dua jam rekonstruksi berlangsung, adegan terakhir, yakni tersangka sempat berkomunikasi dengan seorang yang juga tetangga korban di jalan depan rumahnya, menutup proses rekonstruksi.

"Jadi kita lakukan rekonstruksi pada hari ini dengan tujuan bisa mengetahui secara detail kejadian per kejadian, adegan per adegan, tadi ada sekitar 55 adegan," kata Kasat Reskrim Polresta Malang Kota Kompol Tinton Yudha Riambodo kepada wartawan, Kamis (7/10/2021).

Tinton menambahkan ada upaya pembunuhan yang direncanakan oleh Sofianto kepada korban. Selain itu, seluruh proses rekonstruksi juga sesuai dengan keterangan tersangka dan tak ditemukan adanya temuan terbaru.

"Ya dari hasil kami memang kami duga pembunuhan berencana nanti. Hampir tidak ada semua sama seperti yang diceritakan oleh tersangka, terkait perkara ini," ungkapnya.

Terpisah, Kepala Seksi (Kasi) Kusbiantoro menyebut, kehadirannya untuk menyaksikan rekonstruksi agar lebih mendalami kasus tersebut.

"Kami diundang untuk menyaksikan, jadi kami menunggu proses penyidikan dari Polresta kota malang. Kita menunggu berkas perkaranya untuk dilimpahkan ke kejaksaan," pungkasnya.

(iwd/iwd)