34 Persen Napi Rutan Trenggalek Jalani Vaksinasi COVID-19

Adhar Muttaqin - detikNews
Kamis, 07 Okt 2021 14:59 WIB
34 Persen Napi Trenggalek Jalani Vaksinasi COVID-19
Napi Rutan Trenggalek divaksin (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)
Trenggalek -

Ratusan warga binaan di Rutan Klas IIB Trenggalek menjalani vaksinasi COVID-19. Salah satunya mantan Bupati Trenggalek Soeharto.

Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Trenggalek Zainal Fanani, mengatakan dari total 470 napi dan tahanan, baru 163 orang atau 34 persen yang bisa diajukan menjalani vaksinasi. Sedangkan sisanya masih menunggu proses pendataan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

"Dari 163 yang kami ajukan itu, setelah di-screening, yang bisa divaksin 162. Sedangkan satu orang tidak bisa, karena punya riwayat sakit jantung dan sudah dipasang ring," kata Zainal Fanani (7/10/2021).

Menurutnya warga binaan yang menjalani vaksinasi rata-rata berusia di atas 20 tahun, hingga napi lansia. Proses vaksinasi berjalan dengan lancar dan tidak ada penolakan dari warga binaan.

"Yang lanjut usia termasuk mantan Bupati Trenggalek Pak Soeharto. Untuk vaksin yang diberikan adalah Moderna," ujarnya.

Zainal menambahkan untuk 307 warga binaan lain yang belum mendapatkan suntikan vaksin, rencananya akan diajukan dalam program vaksin tahap berikutnya.

"Karena basis pendataan adalah NIK, maka kami harus mendata NIK seluruh warga binaan. Untuk pendataan NIK ini, kami minta ke pihak keluarga," ujarnya.

Dengan pelaksanaan vaksinasi tersebut pihaknya berharap, dampak buruk pandemi COVID-19 tidak sampai terjadi dalam rutan.

Sementara untuk meminimalisir penyebaran COVID-19 di dalam lingkungan penjara, Rutan Trenggalek menerapkan sejumlah protokol kesehatan. Mulai dari penerapan penggunaan masker, penyiapan tempat cuci tangan, hingga pemeriksaan rutin suhu tubuh.

"Di dalam rutan kami juga telah menyiapkan dokter, layanan kesehatan dan ruang isolasi. Sehingga jika terjadi kondisi darurat bisa segera teratasi," jelas Zainal.

(fat/fat)