Otak Penyelundupan Sabu 3 Kg ke Surabaya WN Nigeria dan Kekasihnya WNI

Amir Baihaqi - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 15:54 WIB
narkoba jaringan internasional
WN Nigeria dan kekasihnya orang Indonesia (Foto: Amir Baihaqi)
Surabaya -

Polisi menggagalkan penyelundupan narkoba jaringan internasional dari Malaysia dan Afrika. Enam tersangka turut ditangkap, salah satunya adalah WN Nigeria.

WN Nigeria itu adalah Idoko Chikwado Kenneth (34). Ia ditangkap bersama kekasihnya seorang WNI bernama Rany (39) di Apartemen City Park, Jakarta Barat.

"Keduanya ini RA dan ICK WNA Nigeria merupakan pasangan. Kami tangkap di Jakarta," papar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko, Senin (27/9/2021).

"Selama ini dia tinggal di apartemen City Park. Jadi tim kami menangkapnya sampai sana setelah mengintai sesuai alamat paket," imbuh Gatot.

Gatot menjelaskan selama ini kedua pasangan ini merupakan jaringan Malaysia-Afrika. Tercatat mereka telah menyelundupkan paket narkoba dari Negeri Jiran sebanyak 4 kali.

"Mereka ini termasuk jaringan Malaysia-Afrika. Sudah empat kali dengan yang ini," jelas Gatot.

"Transaksi keempat ini terendus oleh petugas di Bea Cukai Pelabuhan Tanjung Perak. Kami amankan 4 kilo dan sekitar 3 ribu ekstasi," tandas Gatot.

Sebelumnya, polisi menggagalkan pengiriman narkoba jaringan internasional dari Malaysia dan Afrika. 6 tersangka dan ribuan gram sabu serta pil ekstasi turut diamankan.

Kabid humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko mengatakan, pada penggagalan pertama, pihaknya berhasil menggagalkan pengiriman melalui bea cukai Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

"Awalnya ada kecurigaan dari Bea Cukai Perak. Posisi pengiriman ke Jakarta. Dari situ kami profilling penerima paketnya," papar Gatot.

(iwd/iwd)