Tiba di Lapas Surabaya, Staf Edhy Prabowo Terpidana Kasus Benur Diisolasi Blok COVID-19

Suparno - detikNews
Minggu, 26 Sep 2021 15:25 WIB
Eks staf khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Andreau Misanta Pribadi
Andreau Misanta Pribadi/Foto: Istimewa (Lapas Surabaya di Porong)
Sidoarjo -

KPK mengeksekusi staf khusus eks Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Andreau Misanta Pribadi, ke Lapas Kelas I Surabaya di Porong. Sesuai aturan yang diterapkan Kanwil Kemenkumham Jatim, Andreau dijebloskan ke Blok Khusus Isolasi COVID-19.

Dia diantar jaksa di Kejaksaan Tinggi Jatim dan tiba di lapas Desa Kebonagung Porong pada Rabu (22/9/2021).

"Informasi dari pihak lapas, Andreau diantar jaksa bersama dengan satu orang terpidana korupsi lain," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Krismono dalam keterangannya, Minggu (26/9/2021).

"Kami menjalankan SOP yang ada, tidak ada keistimewaan untuk siapapun di sini," tegas Gun Gun.

Usai diserahterimakan, petugas lapas langsung memeriksa berkas dan melakukan registrasi. Petugas dari Kejati Jatim memastikan Andreau negatif COVID-19 berdasarkan hasil swab PCR yang dilakukan sebelumnya. Meski begitu, pihak lapas tetap melakukan swab antigen.

"Siapapun wajib masuk blok isolasi COVID-19 selama 14 hari ke depan," jelas Krismono.

Kalapas I Surabaya Gun Gun Gunawan menyebutkan blok isolasi khusus COVID-19 itu memang telah dipersiapkan pihaknya sejak pandemi. Letaknya bersebelahan dengan klinik lapas.

"Kami akan pantau setiap hari, terutama kondisi kesehatannya," ujar Gun Gun.

Gun Gun mengungkapkan selain Andreau ada 21 napi lain yang ada di blok berukuran 10x10 meter itu. Mereka semua diwajibkan memakai masker. Selama di sana, warga binaan dilarang keluar kamar kecuali untuk berjemur di pagi hari.

"Kami menjalankan SOP yang ada, tidak ada keistimewaan untuk siapapun di sini," tegas Gun Gun.

KPK mengeksekusi Ketua Tim Uji Tuntas Perizinan Budi Daya Lobster atau staf mantan Menteri KKP Edhy Prabowo, Andreau Misanta Pribadi, ke Lapas Kelas I Surabaya. Andreau Misanta akan menjalani hukuman 4,6 tahun penjara karena terlibat kasus korupsi dan suap ekspor benur.

Simak juga 'Komplotan Edhy Prabowo Divonis 4,5 dan 4 Tahun Bui':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)