Sesak Nafas Belum Tentu COVID-19, Kenali Tipe Jenis dan Gejalanya

Esti Widiyana - detikNews
Minggu, 26 Sep 2021 09:06 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Surabaya -

Saat pandemi COVID-19, kebanyakan pasien Corona mengalami sesak nafas. Namun tak sedikit pula dikarenakan hal-hal lain, seperti alergi. Bagaimana mengenalinya?

Dokter spesialis paru Rumah Sakit Universitas Airlangga (RS Unair) dr Alfian Nur Rosyid Sp P(K) FAPSR FCCP sekaligus dosen Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) menjelaskan terdapat beberapa tipe dari sesak nafas. Tipe tersebut dibedakan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu.

Sesak Nafas Akut

Menurut dr Alfian, sesak nafas akut muncul secara tiba-tiba. Sesak nafas akut dapat terjadi, sekalipun seorang pasien belum pernah mengalami sesak sebelumnya.

"Sesak nafas akut dapat timbul saat seorang penyintas COVID-19 melakukan aktivitas berat seperti mengangkat benda berat, berjalan dengan cepat, berlari dan lainnya. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan fisioterapi nafas yang dapat diajarkan di rumah sakit dan dilanjutkan di rumah," kata dr Alfian, Minggu (26/9/2021).

Sesak nafas akut juga dapat dialami oleh pasien asma atau Penyakit Paru Obstruktif kronis (PPOK) yang mengalami kekambuhan atau eksaserbasi. Timbul gejala mengi (bunyi nafas seperti bersiul) pada seorang yang sedang mengalami kekambuhan. Sesak akut juga dapat dialami pada pasien dengan gangguan kebocoran selaput paru (pleura) yang dikenal dengan pneumotoraks (adanya udara pada rongga pleura).

Simak juga: Wanita Cantik Asal Bandung, Ahli 'Bongkar' Tulang dan Sendi

[Gambas:Video 20detik]