Bekas Landasan Pesawat Cikasur-Argopuro Dipercaya Tempat Bermain Puteri Rengganis

Chuck Shatu Widarsa - detikNews
Jumat, 24 Sep 2021 13:43 WIB
cikasur argopuro situbondo
Cikasur Gunung Argopuro (Foto: Chuk Shatu Widarsha/detikcom)
Situbondo -

Cikasur sebagai kawasan penuh nuansa mistis di Gunung Argopuro, mungkin sudah jamak. Namun, belum banyak yang tahu bahwa kawasan terletak di Suaka Margasatwa Dataran tinggi yang ini dulunya merupakan landasan pesawat terbang.

Lokasi landasan pesawat di zaman Belanda dan dilanjutkan era pendudukan Jepang itu berada di ketinggian sekitar 2.200 mdpl. Hawanya pun semilir angin berkabut cenderung dingin.

Selain bernuansa mistis karena bekas landasan pesawat, kawasan yang disebut camp serdadu ini juga mengandung aura Putri Rengganis.

Sebab, konon kawasan ini juga menjadi tempat bermain Putri Dewi Rengganis. Yakni seorang puteri yang disebut menguasai Pegunungan Argopuro. Bekas keratonnya kini disebut Puncak Rengganis, salah satu di antara 3 puncak tertinggi di pegunungan itu.

"Dari cerita turun temurun warga sini, katanya di Cikasur itu jadi tempat bermainnya sang putri," kisah Syaiful, seorang tetua warga Desa Baderan, Sumber Malang, Situbondo, ketika berbincang dengan detikcom, Jumat (24/9/2021).

Makanya, imbuh pria paro baya ini, pada saat-saat tertentu selalu ada penampakan seperti seorang putri keraton yang tampak berjalan hingga berlarian di padang sabana Cikasur itu.

Lihat juga video 'Pesawat Latih Tempur AS Jatuh di Permukiman Warga':

[Gambas:Video 20detik]