Penampakan 'Serdadu Jepang' di Cikasur Argopuro Diduga Bekas Landasan Pesawat

Chuck Shatu Widarsa - detikNews
Jumat, 24 Sep 2021 10:57 WIB
cikasur argopuro situbondo
Cikasur Gunung Argopuro (Foto: Chuk Shatu Widarsha/detikcom)
Situbondo -

Kawasan Cikasur di Gunung Argoruro dipercaya banyak dijumpai 'makhluk gaib'. Penampakannya pun beragam. Paling sering terdengar yakni, derap langkah seperti sepasukan serdadu berbaris.

Dari penuturan para pendaki maupun warga desa setempat, suara derap seperti pasukan berbaris memang yang paling sering terdengar. Terutama saat bermalam di Cikasur, hampir pasti pernah merasakan.

"Mungkin karena di Cikasur itu saat zaman Belanda sempat dijadikan landasan pesawat terbang," kata Syaiful (76), salah seorang tetua warga Desa Baderan, Sumber Malang, Situbondo ini, kepada detikcom, Jumat (24/9/2021).

Baca juga: Hii ... Ada Penampakan 'Serdadu Jepang' di Cikasur Gunung Argopuro

Menurutnya, di Cikasur itu dulu memang jadi landasan pesawat terbang. Saat zaman pendudukan Jepang, landasan itu sering digunakan untuk mengangkut logistik tentara Nipon.

"Sampai sekarang pun kan masih ada bekas landasannya. Tahun 90-an masih banyak puing-puing besi dan logam, sisa bangunan landasan," terang kakek 8 cucu ini.

Konon, juga berdasarkan keterangan sesepuh Desa Baderan, saat pembangunan landasan di Cikasur tersebut banyak memakan korban jiwa warga yang jadi kuli bangunan landasan. Mereka yang meninggal langsung dikubur di tempat itu secara massal.