Bagaimana Kondisi Ibu Positif COVID-19 yang Melahirkan Bayi di RSLI Surabaya?

Faiq Azmi - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 10:25 WIB
Pasien COVID-19 di Rumah Sakit Lapangan Lahirkan Bayi Laki-laki
dr Muhammad Ainul Rohman Firmansya yang menolong TKI melahirkan/Foto: Istimewa (Dok RS Lapangan Indrapura)
Surabaya -

Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya untuk pertama kalinya membantu pasien positif COVID-19 melahirkan. Pasien tersebut seorang TKI dari Malaysia dan dinyatakan positif COVID-19 setelah menjalani karantina di Asrama Haji Surabaya. Bagaimana kondisinya saat ini?

Ketua Pelaksana Program Pendampingan Keluarga Pasien COVID-19 RSLI Radian Jadid mengatakan, kondisi ibu dan sang bayi, dalam keadaan baik.

"Kondisinya baik, untuk hasil RT PCR (bayi) mungkin baru keluar siang nanti," kata Jadid kepada detikcom, Rabu (22/9/2021).

Jadid menjelaskan, sang bayi telah melakukan pemeriksaan RT- PCR dan sedang menunggu hasil. Saat ini ibu dan bayi dirawat bersama di RSLI.

"Ibunya tetap memberikan ASI kepada bayi sesuai dengan rekomendasi karena ASI dari Ibu yang terkena COVID-19 tidak menularkan virus ke bayi. Pemberian ASI tentu dengan tetap melakukan protokol pencegahan penularan COVID-19, yakni memakai masker ketika menyusui, mencuci tangan sebelum menyusui," ungkapnya.

Jadid memastikan, seluruh kebutuhan untuk penanganan ibu dan bayi yang baru lahir sudah terpenuhi.

Dr Nurarifah Destianizar Ali, selaku dokter umum RSLI menyatakan sudah banyak ibu hamil yang telah dirawat di Indrapura, namun ini kali pertama terjadi persalinan normal di sini.

"Dengan fasilitas yang cukup memadai, kami para tenaga kesehatan disini melakukan penangan dengan baik, dan berusaha berkolaborasi dengan dokter spesialis anak dan dokter spesialis obgyn dari RSDS (RS pengampu) untuk memberikan perawatan yang optimal," katanya.

"Kami juga memonitoring kondisi ibu dan bayi, memberikan fasilitas agar ibu dapat memberikan ASI dengan baik, memberikan konseling kepada ibu agar tenang dan rileks," sambungnya.

Nurafifah menambahkan, bayi yang lahir dari seorang ibu yang terpapar COVID-19 bisa mendapatkan kekebalan terhadap Corona dari ibu.

Simak juga 'Begini Cara Aman Menyusui Bayi dari Ibu yang Positif Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)