Arsitektur Cantik dan Unik, Tempat Ibadah di Jatim Ini Ramai Dikunjungi Wisatawan

Hilda Meilisa - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 09:05 WIB
Masjid Muhammad Cheng Hoo, Pandaan Pasuruan
Masjid Cheng Hoo Pandaan Pasuruan Jatim (Foto: detik travel)
Surabaya -

Jawa Timur tak hanya kaya akan wisata alamnya yang indah nan asri. Namun, ada pula sejumlah bangunan tempat ibadah yang memiliki arsitektur cantik. Sejumlah tempat ibadah ini pun ramai dikunjungi para wisatawan.

Di tempat ibadah tersebut, tak hanya dikunjungi para penganut agamanya saja. Namun, pengunjung berasal dari lintas agama. Di sana, para wisatawan bisa berdoa hingga mengabadikan gambar.

1. Masjid Muhammad Cheng Hoo, Pandaan Pasuruan

Keindahan arsitektur masjid dengan ornamen khas Tionghoa terasa sangat kental saat menginjakkan kaki di Masjid Muhammad Cheng Hoo Pandaan, Pasuruan. Masjid yang didominasi warna merah dengan tulisan kaligrafi terlihat cantik saat melintasi jalan utama Pandaan.

Saban hari, masjid ini selalu ramai masyarakat yang hendak beribadah salat lima waktu. Karena keindahan arsitekturnya, masjid ini juga sering disinggahi para wisatawan. Tak hanya itu, karena lokasinya yang strategis, masjid ini juga menjadi tempat istirahat masyarakat usai bepergian ke Taman Safari Prigen atau ke Batu hingga Malang.

Di sini juga tersedia berbagai warung makan hingga toko oleh-oleh. Mulai dari makanan khas Pasuruan hingga baju dan aksesoris juga tersedia. Tertarik untuk mampir?

Jelang Waisak umat Budha di Mojokerto mulai melakukan berbagai persiapan. Salah satunya memandikan patung Budha tidur Raksasa di Maha Vihara Mojopahit.Patung Budha tidur dimandikan/Foto file: Enggran Eko Budianto

2. Patung Buddha Tidur, Mojokerto

Mojokerto punya Patung Buddha Tidur terbesar ketiga di dunia. Letaknya di area Maha Vihara Mojopahit, tepatnya di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Mojokerto. Patung Buddha Tidur ini menjadi daya tarik wisatawan.

Di sini, wisatawan bisa melihat megahnya Patung Buddha Tidur yang berwarna emas. Warnanya terlihat semakin berkilauan saat terkena terik matahari. Tak hanya itu, di area ini juga tersedia sejumlah toko souvenir.

Simak video 'Guyub Rukun, 6 Rumah Ibadah di Surabaya Saling Berdampingan':

[Gambas:Video 20detik]