Jangan Berhenti, Peternak Blitar Ingin Jokowi Terus Gelontor Bantuan Jagung

Erliana Riady - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 17:13 WIB
80 Ton Jagung Subsidi Jokowi untuk Peternak Blitar Langsung Habis dalam Hitungan Jam
Bantuan Jokowi tiba di Blitar (Foto file: Erliana Riady/detikcom)
Blitar -

Presiden Jokowi mengirim bantuan jagung ke peternak ayam layer di Blitar. Para peternak berharap, subsidi ini berkelanjutan hingga harga telur stabil di kisaran Rp 20.000/kg.

Ketua Koperasi Peternak Unggas Sejahtera (Putera) Blitar, Sukarman, mengakui, 350 ton jagung bersubsidi bagi peternak Blitar tidak signifikan menurunkan harga jagung. Karena sampai hari ini, harga jagung di pasaran hanya turun di kisaran Rp 300/kg.

"Sebelumnya sampai Rp 6.300/kg, lalu turun Rp 5.800/kg. Setelah ada jagung subsidi Pak Presiden turun Rp 300 jadi Rp 5.500/kg. Subsidi jagung ini tidak signifikan menurunkan harga jagung di pasaran," kata Sukarman kepada detikcom, Selasa (21/9/2021).

Sukarman juga mengakui, dirinya diundang ke Surabaya untuk bertemu dengan para petani jagung dari beberapa daerah di Jatim. Dalam forum itu, mereka menghujat peternak yang dibilang mau menang sendiri.

Pemprov juga menginisiasi adanya kerjasama langsung antara peternak dengan petani jagung di Jatim. Namun Sukarman menyampaikan fakta, bahwa hal seperti itu pernah dilakukan di internal peternak dengan petani jagung Blitar sendiri.

"Ya saya sampaikan. Bahkan saat itu tanda-tangan kerjasama disaksikan langsung Pak Mentan yang dulu. Tapi sebatas formalitas begitu. Ketika harga jagung di luar lebih mahal, petani tidak mengirimkan ke kami," ungkapnya.