Bagaimana 6 Tempat Ibadah di Surabaya Ini Berdampingan, Begini Ceritanya

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 11:36 WIB
6 tempat ibadah berdampingan di surabaya
6 Tempat ibadah di Surabaya berdampingan (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

Enam tempat ibadah di Perumahan Royal Residence Surabaya saling berdampingan. Bentuk atau wujud toleransi umat beragama ini telah ada sejak 2018 atau tiga tahun yang lalu sejak dibangun. Bagaimana pembangunan enam tempat ibadah ini bermula?

Sekretaris 2 Forum Komunikasi Antar Rumah Ibadah (FKRI) Royal Residence Surabaya Danny Nobret menceritakan bahwa lahan atau lokasi tempat rumah ibadah itu dibangun awalnya bukan diperuntukkan untuk pembangunan tempat ibadah, melainkan pasar modern.

"Semula tidak ada rencana untuk pembangunan rumah ibadah," ujar Danny kepada detikcom, Selasa (21/9/2021).

Namun saat itu ada keluhan dari warga yang menyampaikan jika di perumahan tersebut tak ada rumah ibadah. Dan warga memerlukan tempat ibadah.

6 tempat ibadah berdampingan di surabaya6 Tempat ibadah berdampingan di Surabaya (Foto: Esti Widiyana)

Karena beberapa warga muslim jika salat subuh kesulitan mencari masjid terdekat dari rumah tinggalnya. Sedangkan masjid terdekat ada di luar perumahan dan itu jaraknya cukup jauh. Sehingga, warga muslim saat itu menyampaikan dan meminta kepada pihak pengembang perumahan untuk dibangunkan masjid.

"Pihak pengelola merasa bahwa rumah ibadah penting untuk semua agama, sehingga mereka memikirkan perlu adanya rumah ibadah juga selain untuk muslim. Berpikir 6 agama yang diakui pemerintah. Jadi lahan untuk pasar modern dijadikan rumah ibadah bersama-sama dan berjajar," jelas Danny.

Enam rumah ibadah di perumahan elit ini benar-benar berdampingan dan hanya berjarak sekitar 2 meter satu sama lainnya. Di masing-masing tempat ibadah tidak ada pembatas pagar. Bangunannya menyatu dengan gaya arsitektur masing-masing agama.

Setiap hari, kata Danny, enam tempat ibadah ini selalu digunakan dan tidak pernah sepi. Agar jam ibadah tidak berbenturan, para pengurus dan tokoh agama masing-masing memiliki jadwal sendiri untuk menggelar kegiatan keagamaan.

Simak juga 'Peringatan Berdirinya Gong Perdamaian Dunia di Ciamis':

[Gambas:Video 20detik]