Hore! Jokowi Juga Bantu Peternak Blitar Lain 80 Ton Jagung

Erliana Riady - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 16:37 WIB
Akhirnya Suroto Terima Bantuan Jagung Langsung dari Presiden Jokowi
Suroto terima langsung bantuan dari Presiden Jokowi (Foto: Erliana Riady/detikcom)
Blitar -

Hari ini Presiden Jokowi tak hanya mengirimkan bantuan 20 ton jagung gratis untuk Suroto. Namun juga 80 ton jagung bersubsidi untuk peternak layer di Blitar lainnya.

Kabid Budidaya Peternakan Disnakkan Pemkab Blitar, Indriawan Wicaksono membenarkan jika jagung subsidi bagi peternak Blitar lainnya telah tiba. Sebanyak 80 ton jagung pakan ayam layer, telah didistribusikan sebanyak 50 ton kepada peternak di Kecamatan Ponggok. Dan sebanyak 30 ton kepada peternak di Kecamatan Kademangan yang merupakan wilayah Suroto.

"Kalau yang 20 ton gratis itu khusus buat Pak Suroto. Yang 80 ton subsidi, 50 untuk Ponggok, 30 untuk Kademangan," kata Indri.

80 Ton jagung tersebut lanjut Indri, diberikan seharga Rp 4.500 per kg. Para peternak mendapatkan subsidi harga sebanyak Rp 1.300 per kg, karena harga jagung di pasaran saat ini masih di kisaran Rp 5.800 per kg.

"Dalam hal penjualan jagung bersubsidi ini, disnakkan tidak dilibatkan. Para peternak bisa membelinya melalui koperasi di masing-masing kelompok peternak," jelasnya.

Setelah pertemuan dengan Presiden Jokowi, Kementan menyediakan sebanyak 1.000 ton jagung subsidi. Dari angka itu, jatah untuk peternak Blitar sebanyak 350 ton. Sedangkan sisanya akan didistribusikan kepada peternak Kendal, Jateng dan anggota paguyuban peternak nasional di wilayah Kediri, Malang dan sekitarnya.

Menurut Indri, kebutuhan jagung pakan ayam layer di Blitar sebelum pandemi sebanyak 800-1.000 ton per hari. Kebutuhan itu untuk populasi ayam layer sebanyak 21 juta. Namun jumlah populasi itu menurun saat pandemi di kisaran 19 juta ekor, karena para peternak menyesuaikan kemampuan financial mereka. Menyusul turunnya harga telur yang berbanding terbalik dengan melonjaknya harga pakan.

(fat/fat)