3.343 Personel Sasar Pelanggar Prokes Dalam Operasi Patuh Semeru

Amir Baihaqi - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 10:33 WIB
Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta
Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta (Foto: Amir Baihaqi)
Surabaya -

Sebanyak 3.343 personel jajaran Polda Jatim diterjunkan dalam Operasi Patuh Semeru 2021. Operasi yang digelar mulai 20 September hingga 3 Oktober ini menyasar masyarakat yang melanggar protokol kesehatan.

Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta mengatakan penegakan hukum dalam Operasi Patuh Semeru 2021 akan dilakukan secara selektif prioritas. Sedangkan sasaran operasi yakni para pelanggar prokes dan lalu lintas.

"Mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif disertai dengan penegakan hukum secara selektif prioritas. Personel yang terlibat sebanyak 3.343 orang. Para personel ini terdiri dari Polda, Polres Polsek dan stakeholder terkait," kata Nico dalam sambutannya saat apel, Senin (20/9/2021).

"Adapun sasaran operasi ini, masyarakat yang tidak mematuhi prokes, masyarakat yang tidak disiplin berlalu lintas. Serta lokasi maupun kegiatan masyarakat yang berpotensi klaster penyebaran COVID-19," imbuhnya.

Nico menjelaskan operasi dengan sasaran masyarakat yang melanggar prokes dilakukan dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah untuk penanganan COVID-19. Sebab saat ini kasus yang terjadi tengah mengalami penurunan yang signifikan.

Nico menambahkan saat ini Provinsi Jatim merupakan satu-satunya dengan level 1 berdasarkan asesmen dari Kemenkes. Untuk itu, ia berharap level ini bisa dipertahankan dan tidak lengah apalagi euforia berlebihan.

"Perlu diketahui bahwa penyebaran COVID-19 mengalami penurunan signifikan dari bulan Juni di mana penambahan kasus aktif mencapai rata-rata di atas 6.000 kasus perhari saat ini penambahan kasus terkonfirmasi seminggu sekali rata-rata 300 hari," jelas Nico.

"Namun keberhasilan penanganan pandemi COVID-19 ini jangan membuat lengah dan euforia karena COVID-19 masih berada di sekitar kita. Sebab bahwa ada beberapa kenaikan kasus di Eropa dan Amerika dan ada juga jenis baru varian Mu," tandas Nico.

Tonton video 'Operasi Patuh Jaya Digelar, Knalpot Bising-Balap Liar Bakal Ditindak':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)