Menparekraf Sebut Banyuwangi Etalase Ekonomi Kreatif Terbaik di Indonesia

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 19 Sep 2021 10:41 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja di Banyuwangi. Sandi menyebut Banyuwangi salah satu etalase ekonomi kreatif terbaik di Indonesia.
Menparekraf Sandiaga Uno/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Menparekraf Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja di Banyuwangi. Sandi menyebut Banyuwangi salah satu etalase ekonomi kreatif terbaik di Indonesia.

Kehadiran Sandi di Banyuwangi dalam rangka melakukan penilaian langsung terhadap Desa Wisata Tamansari, Kecamatan Licin yang terpilih sebagai 50 finalis Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, Sabtu (18/9/2021).

Dari pagi hingga petang, Sandi yang didampingi Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengunjungi sejumlah destinasi, dan menggelar pertemuan dengan para pelaku ekonomi kreatif. Saat di Taman Gandrung Terakota contohnya, Sandi disuguhkan berbagai kreativitas produk Banyuwangi.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut melihat pembuatan barong Banyuwangi. Sandi tampak terpesona dengan keahlian Mustaq Bilal memahat kayu menjadi kepala barong. Selain itu, Sandi dan Ipuk juga mendapat hadiah berupa lukisan sketsa wajah mereka dari seniman disabilitas, Rizki.

Di tempat yang sama, Sandi juga meresmikan Pasar Gandrungan dan Art Exibition. Pasar Gandrungan memvisualisasikan pasar tempo dulu dengan properti, dagangan, dan penjual dengan kostum tradisional, namun menggunakan sistem pembayaran cashless.

"Kita mengharapkan masyarakat desa di Banyuwangi semakin semangat untuk menggerakkan ekonomi dan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya," katanya.

"Pariwisata ini hanya penunjang, yang akan menjadi pilar dan menopang kehidupan di sini adalah budayanya. Jadi orang-orang datang ke sini untuk merasakan (budaya), to experience, to see, and to buy," ungkapnya.

Saat di Banyuwangi, Sandi juga menyerahkan bantuan insentif pemerintah kepada pelaku ekraf lokal. Insentif ini diharapkan menjadi suntikan semangat baru bagi pelaku ekonomi.

"Itu harapan kita. Khusus yang di Banyuwangi ini kan etalase ekonomi kreatif terbaik di Indonesia. Kita ingin ekosistem ini tetap hidup dan tidak rusak secara permanen karena minimnya kunjungan wisatawan akibat pandemi. Jadi ini yang juga akan kami kolaborasikan dengan Bupati Banyuwangi," kata Sandi.

Sandi juga hadir di KaTa Kreatif Indonesia dan Apresiasi Kreasi Indonesia yang menghadirkan produk-produk sektor kreatif karya anak muda Banyuwangi. Mulai dari batik yang ramah lingkungan, kaos musikal, web developer, hingga kopi Banyuwangi yang terkenal.