9 Mahasiswa UM Surabaya Wakili Jawa Timur Berlaga di PON XX Papua

Esti Widiyana - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 20:37 WIB
9 Mahasiswa UM Surabaya Wakili Jatim Berlaga di PON Papua 2021
Foto: Esti Widiyana
Surabaya -

PON XX Papua akan dihelat 2-15 Oktober 2021. KONI Jatim memberangkatkan 543 atlet, 161 pelatih, dan 78 orang tim mekanik. Dari 543 atlet Jatim, 9 di antaranya mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya. 9 Atlet tersebut dalam cabang olahraga panjat tebing, dayung dan karate.

Rektor UM Surabaya Dr Sukadiono bangga atas prestasi dari mahasiswanya.

"Saya atas nama pimpinan dan civitas merasa bangga dengan para mahasiswa UM Surabaya yang ternyata punya prestasi luar biasa. Semoga ini bisa jadi inspirasi mahasiswa lain untuk meniru apa yang sudah mereka dapatkan," kata Sukadiono, Sabtu (18/9/2021).

Ia mengatakan, meskipun para atlet masih sedang kuliah, namun hal itu tidak menghalangi semangat mereka untuk terus mengejar prestasi di luar akademik. Bahkan pihak kampus memberikan dukungan penuh dan tidak akan menyulitkan proses kuliah para atlet saat bertanding nantinya.

"Karena saat ini sudah mulai perkuliahan, kalau memungkinkan ya mereka bisa ikut kuliah secara daring, tapi kalau kondisi di sana (Papua) tidak memungkinkan nanti bisa dikomunikasikan saja dengan dosennya. Atau nanti ada kelas khusus. Kita memberikan kemudahan bagi mereka, yang penting saat ini mereka bisa berprestasi," jelasnya.

UM Surabaya berharap, 9 mahasiswa yang akan berlaga dapat menjadi juara dan menyabet medali emas. Sehingga bisa mengharumkan nama Jawa Timur dan kampus.

"InsyaAllah nanti kalau memang di sana mendapatkan medali akan ada penghargaan lagi dari kampus. Saya berharap mereka semua mendapatkan emas, insyaallah akan kita berikan bonus lebih besar," ujarnya.