Jatim Asesmen Level 1, Vaksinasi Dosis Pertama Capai 12 Juta Orang

Hilda Meilisa - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 08:51 WIB
assesment di gedung grahadi
Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya -

Jawa Timur jadi provinsi pertama dan satu-satunya di Indonesia yang masuk asesmen level 1 Kemenkes RI. Data terakhir, vaksinasi pertama di Jatim telah mencapai 38,34 persen yang berarti ada 12 juta lebih masyarakat yang telah divaksin.

"Untuk vaksinasi dosis pertama saat ini mencapai 38,34%, vaksinasi yang dosis dua 20,57%," kata Ketua Rumpun Kuratif Satgas COVID-19 Jatim, dr Joni Wahyuhadi di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (18/9/2021).

Pria yang menjabat sebagai Direktur RSU dr Soetomo Surabaya ini menambahkan asesmen level 1 di Jatim menjadi bukti jika laju penularan COVID-19 mulai terkendali.

"Kalau kita simpulkan memang vaksinasi belum 70% atau 80%, tetapi Jawa Timur sudah bisa mengendalikan laju penularan, maupun kapasitas responnya dengan baik. Artinya prokes di Jawa Timur sudah baik," imbuh Joni.

Sementara Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengatakan pihaknya mendapat bantuan sejumlah pihak dalam mempercepat vaksinasi hingga upaya memutus mata rantai penularan COVID-19 di Jatim. Salah satunya dari Forkopimda Jatim.

"Alhamdulillah atas kerja sama, gotong royong dan kekompakan kita semua dan peran Forkopimda, Jatim menjadi provinsi yang pertama dan satu-satunya di Indonesia yang masuk level 1," kata Khofifah.

Di kesempatan ini, Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta menambahkan setiap hari, vaksinasi selalu digelar di Polres jajaran se-Jatim. Terbaru, ada 1.500 dosis vaksinasi yang diberikan pada masyarakat Ponorogo.

Nico mengatakan capaian Jatim yang masuk asesmen level 1 harus terus dipertahankan. Dia berpesan pada masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dan ikut vaksinasi agar pandemi bisa segera berakhir.

"Hasil asesemen Jatim masuk level 1 ini patut kita pertahankan. Ini hasil kerja kita semua pemerintah Provinsi Jatim, Kodam, Polda dan didukung oleh kepala daerah Bupati, dandim dan kapolres, paling penting partisipasi masyarakat," papar Nico.

"Ini pasti bisa berhasil kalau masyarakat mendukung. Tentunya kami dari jajaran Polda Jatim siap mendukung Ibu Gubernur dan Bapak Pangdam di dalam bersinergi untuk mempertahankan meningkatkan serta menjaga level 1 di jajaran Jawa Timur. Kami memohon kepada masyarakat, ayo tetap kita disiplin prokes sehingga situasi makin membaik, tentunya harapan ke depan ekonomi dapat juga membaik," pungkas Nico.

(hil/fat)