King Kobra di Sekolah Banyuwangi Masih Berkeliaran Belum Tertangkap

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 17 Sep 2021 10:54 WIB
Sarang ular king kobra ditemukan di Madrasah Ibtidaiyah Al Ala, Benculuk, Cluring, Banyuwangi. Saat ini ular yang bersarang di sekolah tersebut telah berhasil dievakuasi.
Foto: Istimewa/Damkar Banyuwangi
Banyuwangi -

Ular king kobra yang meneror sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al A'la, di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Banyuwangi, masih berkeliaran. Pihak sekolah tidak melakukan lagi upaya pencarian.

Mereka hanya melakukan antisipasi agar tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti ular tidak kembali bersarang di sekitar sekolah.

Salah satu guru MI Al A'la, Marhaban mengatakan, pihaknya tidak mencoba melakukan pencarian ular king kobra yang bersarang di sekolah itu. Karena, wilayah sekitar sekolah berada di sekitar persawahan dan kebun.

"Ya, nggak ada lagi pencarian. Mau cari di mana juga nggak tau. Karena memang wilayah kami itu sekitar sawah dan kebun," ujarnya kepada detikcom, Jumat (17/9/2021).

Baca juga:

Kagetnya Penjaga Sekolah Lihat King Kobra Berdiri hingga Ular pun Sama-sama Lari

Namun pihaknya tetap menguatkan kepada guru dan siswa untuk antisipasi hal-hal yang tak diinginkan. Salah satunya adalah memberikan pemahaman kepada siswa, guru dan warga sekitar agar berhati-hati. Selain itu memberikan edukasi yang baik terkait penanganan jika ada ular masuk ke wilayah sekolah atau rumah warga.

"Penguatan yang kita lakukan adalah memberikan edukasi masyarakat. Agar tidak panik jika ada ular. Tangani dengan mudah dan jangan sampai membunuh," tambahnya.

Marhaban menambahkan, untuk sementara pihaknya melarang siswa untuk bermain di belakang sekolah, lokasi king kobra ditemukan. Ini mengantisipasi jika ular kembali ke sarang, tidak sampai melukai siswa.