Menelusuri Penjualan Bondet dari Rumah Produksi di Pasuruan yang Hancur

Muhajir Arifin - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 17:58 WIB
ledakan bondet di pasuruan
Rumah di Kabupaten Pasuruan yang hancur akibat ledakan/Foto: Muhajir Arifin/detikcom
Pasuruan -

Rumah di Pasuruan yang hancur karena ledakan, merupakan tempat pembuatan bondet. Ke mana bondet itu dijual?

Bondet itu dijual ke beberapa pelanggan yang merupakan warga Pasuruan. Lalu, bom ikan itu diduga dijual lagi ke berbagai daerah. Pasalnya, di perairan Pasuruan tidak ditemukan praktik pengeboman ikan.

"Nggak ada. Setiap hari kita patroli ke laut. Kalau di kita (perairan Pasuruan) nggak ada. Kemungkinan di luar," kata Kasat Polairud Pasuruan AKP Winardi, Kamis (16/9/2021).

Winardi mengatakan, selain patroli rutin di laut, pihaknya juga patroli ke kapal dan perahu nelayan. Pihaknya tidak mendeteksi penggunaan dan pemakaian bom ikan.

"Selama ini juga nggak menemukan dibawa nelayan. Kita terus sosialisasi, saling menjaga kelestarian laut," terangnya.

Saat ini, nelayan Pasuruan selain menangkap ikan dengan kapal dan perahu juga membuat rumpon. Rumpon merupakan salah satu jenis alat bantu penangkapan ikan yang dipasang di laut, baik laut dangkal maupun laut dalam.

Pemasangan tersebut dimaksudkan untuk menarik gerombolan ikan agar berkumpul di sekitar rumpon. Sehingga ikan mudah untuk ditangkap.

Kasat Reskrim Polres Pasuruan Kota AKP Bima Sakti Pria Laksana mengatakan, pihaknya masih mengejar empat DPO pembeli bom ikan. Ia memastikan keempatnya warga Pasuruan.

Lihat juga video 'Rumah Meledak di Pasuruan, Setahun Produksi Bom Ikan':

[Gambas:Video 20detik]