ITS Launching Laboratorium dengan Kekuatan 5G, Pertama di Indonesia

Esti Widiyana - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 14:47 WIB
Di era yang terus berkembang, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) me-launching labolatorium dengan kekuatan 5G. Yaitu ITS 5G Experience Center yang akan dimanfaatkan untuk mengembangkan inovasi dan riset.
Launching ITS 5G Experience Center/Foto: Esti Widiyana/detikcom
Surabaya -

Di era yang terus berkembang, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) me-launching laboratorium dengan kekuatan 5G. Yaitu ITS 5G Experience Center yang akan dimanfaatkan untuk mengembangkan inovasi dan riset.

Rektor ITS Prof Mochamad Ashari mengatakan, peluncuran ITS 5G Experience Center ini merupakan satu kolaborasi pendidikan dengan industri. Ini juga program Mendikbud Ristek, bahwa dunia pendidikan dan industri bekerja sama untuk menghasilkan yang lebih cepat lagi.

"Kalau ini adalah memperkenalkan teknologi 5G, baik aplikasinya, baik teknologinya. Lab 5G Experience ini untuk teknologinya, perkenalan, untuk pemanfaatan, riset dan inovasi. Ada berbagai macam. Jadi seperti ruang pamer," kata Ashari kepada wartawan di Gedung Robotika, Kamis (16/9/2021).

ITS 5G Experience Center berada di sebelah Gedung Robotika. Setelah laboratorium diluncurkan, maka bisa digunakan untuk menggagas inovasi-inovasi dan melakukan pengembangan riset.

Dengan menggunakan kekuatan 5G, ITS Experience Center juga bekerja sama dengan Indosat Ooredoo dengan jaringan 5G dan Nokia. Di mana jaringan 5G ini baru pertama diimplementasikan di Indonesia.