Alasan Pria Curi HP Ini Bikin Sedih, Beli Buku Anak untuk Sekolah Tatap Muka

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Selasa, 31 Agu 2021 18:13 WIB
pencurian hp di surabaya
MM (kaus abu-abu) dan HP yang dicurinya (Foto: Dok. Polsek Sukolilo)
Surabaya -

Seorang pria berinisial MM (38), warga Krian, Sidoarjo diamankan setelah mencuri HP. Alasan pelaku mencuri karena butuh uang membeli buku pelajaran anaknya yang akan sekolah tatap muka.

MM ditangkap setelah mencuri handphone milik salah satu pekerja proyek pembangunan warkop di Jalan Deles, Sukolilo. MM melakukan aksinya saat para pekerja tersebut tertidur.

Usai mengambil handphone milik korban, MM kemudian keluar kawasan proyek dengan tergesa-gesa. Saat itu, tim opsnal Polsek Sukolilo yang sedang melakukan kring serse mengetahui keberadaan MM.

Mengetahui, gerak-gerak pelaku yang mencurigakan, petugas kemudian mengejarnya hingga ke kawasan Tenggilis Mejoyo. Saat diamankan dan dilakukan penggeledahan, MM mengaku mencuri dan menyembunyikan HP curiannya di sela-sela pot.

Di Polsek Sukolilo, MM mengaku terpaksa melakukan aksi pencurian HP karena butuh uang untuk biaya pendidikan anaknya yang masih SD, yakni untuk membeli buku LKS. MM sendiri mengaku sedang menganggur saat ini.

"Alasannya seperti itu, membeli buku LKS, sekitar Rp 150 ribu. Ya memang untuk persiapan sekolah tatap muka," kata Kanit Reskrim Polsek Sukolilo Iptu Zainal Abidin saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (31/8/2021).

Meski MM beralasan seperti itu, polisi masih melakukan pengecekan di lapangan terkait aksi kejahatan lainnya yang diduga dilakukannya. Terlebih pelaku mengaku menjadi pengangguran setahun lamanya.

"Nggak kerja. Sementara (kejahatannya) masih satu. Tapi kita nanti akan cek data-data di lapangan (kejahatan yang lain)," tandas Abidin.

(iwd/iwd)