877 Warga Binaan Lapas Banyuwangi Divaksinasi Tahap Pertama dan Kedua

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 19 Agu 2021 18:27 WIB
vaksinasi warga binaan lapas banyuwangi
Salah satu warga binaan mendapat vaksinasi (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Klas IIA Banyuwangi kembali menjalani vaksinasi COVID-19. Total sebanyak 877 warga binaan dan tahanan Lapas Banyuwangi mendapatkan vaksin tahap pertama dan kedua.

Kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan melalui kerjasama antara Lapas, Satgas COVID-19 Banyuwangi, dan Kodim 0825 Banyuwangi. Ratusan warga binaan dan tahanan Lapas antre dengan tertib menunggu giliran divaksinasi, Kamis (19/8/2021).

Tenaga vaksinator dalam kegiatan ini didatangkan dari beberapa puskesmas setempat yang sebelumnya telah diperintahkan oleh Dinas Kesehatan Banyuwangi.

Kalapas Banyuwangi Wahyu Indarto menjelaskan bahwa pada kegiatan vaksinasi kali ini sebagian warga binaan menjalani vaksinasi tahap kedua dan sebagian lagi baru menjalani vaksinasi tahap pertama.

Hal tersebut, kata Wahyu, dikarenakan pada saat kegiatan vaksinasi pertama ada sebagian WBP yang masih terkendala administrasi terkait dengan tidak adanya Nomor Induk Kependudukan (NIK).

vaksinasi warga binaan lapas banyuwangiFoto: Ardian Fanani

"Pada vaksinasi pertama yang dilaksanakan bulan Juli lalu, memang tidak semua warga binaan kami bisa menjalankan vaksinasi, ada yang terkendala tidak adanya NIK dan terkendala faktor kesehatan" ujarnya kepada wartawan.

Wahyu menambahkan WBP yang menjalani vaksinasi tahap kedua berjumlah sekitar 505 orang. Sementara yang baru mendapatkan vaksinasi dosis pertama berjumlah sekitar 371 orang.Untuk WBP yang baru menjalani vaksinasi tahap pertama, jenis vaksin yang diberikan adalah AstraZeneca.

"WBP yang mendapatkan vaksinasi tahap kedua mendapatkan jenis vaksin Sinovac, sesuai dengan jenis vaksin yang telah mereka dapatkan pada saat vaksinasi pertama. Namun untuk WBP yang baru melaksanakan vaksinasi tahap pertama kali ini, jenis vaksin yang diberikan adalah jenis AstraZeneca," ujar Wahyu.

Perbedaan jenis vaksin tersebut, lanjut Wahyu, dikarenakan pada saat kegiatan vaksinasi pada bulan Juli lalu vaksin disediakan oleh Kodim 0825 Banyuwangi.

"Sedangkan pemberian vaksin dosis pertama kali ini disediakan oleh Dinas Kesehatan Banyuwangi" lanjutnya.

Sementara itu wakil ketua Satgas COVID-19 Banyuwangi, Letkol Inf Yuli Eko Purwanto mengatakan, masih ada kendala vaksinasi yang ada di Lapas Banyuwangi. Salah satunya adalah tidak adanya beberapa NIK dari WBP. Pihaknya langsung gerak cepat melakukan koordinasi dengan Dispendukcapil Banyuwangi.

"Karena kami ingin seluruh warga binaan mendapatkan vaksin. Sehingga dapat terbentuk Herd Immunity bagi seluruh warga binaan dan mengurangi resiko penularan virus COVID-19 di dalam Lapas dan warga Banyuwangi juga," terangnya.

Antusiasme WBP terlihat mulai pagi hari, mereka tertib melakukan antre untuk mendapatkan vaksinasi, baik yang tahap pertama ataupun yang sudah tahap kedua. Ricky, salah satu WBP Lapas Banyuwangi menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan vaksinasi ini.

"Alhamdulillah, meskipun berada di Lapas, saya tetap bisa melaksanakan vaksinasi, saya berterimakasih kepada pihak yang telah memfasilitasi kegiatan ini, mudah-mudahan saya dan teman-teman yang lain dapat terhindar dari paparan virus COVID-19," ungkapnya.

(iwd/iwd)