Divaksin Moderna, Nakes di Surabaya Rata-rata Merasa Panas Tubuhnya

Esti Widiyana - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 16:54 WIB
Nakes di Surabaya mulai menjalani vaksinasi COVID-19 dosis ketiga. Mereka disuntik vaksin Moderna dari Amerika Serikat.
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi/Foto: Esti Widiyana
Surabaya -

Nakes di Surabaya mulai menjalani vaksinasi COVID-19 dosis ketiga. Mereka disuntik vaksin Moderna dari Amerika Serikat.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, vaksinasi dilakukan secara bertahap. Tidak langsung semua nakes.

Selain itu, Eri mengatakan pihaknya juga melihat KIPI nakes usai disuntik vaksin Moderna. Oleh karena itu, vaksinasi COVID-19 tidak langsung dilakukan secara serentak.

"Vaksin nakes sudah kita lakukan untuk Moderna. Ada beberapa, tidak langsung. Karena KIPI-nya kita lihat," kata Eri kepada wartawan usai meninjau vaksinasi di UINSA, Rabu (4/8/2021).

Ia menjelaskan, jika nakes yang usai disuntik menunjukkan efek samping panas pada tubuh, maka butuh istirahat. Maka jika vaksinasi COVID-19 digelar serentak, akan banyak nakes yang istirahat.

"Karena rata-rata yang sudah disuntik Moderna ada agak panasnya. Sehingga kalau disuntikkan berbarengan, nakes istirahat kabeh (semua). Sehingga kita bergantian untuk nakesnya," jelasnya.

"Kita melakukannya bertahap, karena kita lihat KIPI-nya seperti apa. Jangan sampai dilakukan semua, dan semuanya drop, ya mandek sak Suroboyo," ujarnya.

Menurutnya, sudah puluhan nakes yang menjalani vaksinasi COVID-19 dosis ketiga. Rata-rata, mereka perlu istirahat usai vaksin.

"Sudah 30an lebih, rata-rata dampaknya ada panasnya. Sehingga perlu istirahat," pungkasnya.

(sun/bdh)