Pencurian di Toko Emas Malang Terekam CCTV, Pelaku Pria Wanita

Muhajir Arifin - detikNews
Selasa, 03 Agu 2021 17:59 WIB
toko emas di malang
Toko emas di Malang yang mengalami pencurian (Foto: Muhammad Aminudin)
Malang -

Pencurian perhiasan di toko emas Mandiri kompleks Pasar Gondanglegi, Kabupaten Malang, terekam CCTV. Pelaku adalah seorang pria dan wanita.

Dalam rekaman CCTV, nampak seorang pria dan wanita tengah dilayani penjaga toko emas. Terlihat mereka sibuk memilih jenis perhiasan yang akan dibeli. Setelah itu, mereka pergi tanpa membeli satupun perhiasan.

Pekerja toko baru menyadari, dari beberapa perhiasan yang ditunjukkan kepada dua pelaku. Dua gelang emas diketahui hilang.

Pemilik toko kemudian mengunggah potongan video dari rekaman CCTV ke media sosial. Pekerja toko emas Mandiri, M Nico Refanda (26), mengaku peristiwa terjadi Senin (2/8/2021), sekitar pukul 11.00 WIB.

Saat itu, hanya ada satu pekerja dan pemilik toko. Sementara pembeli hanya berjumlah tiga orang, dua diantaranya adalah pelaku.

"Pelakunya seorang pria dan wanita. Apakah suami istri, kami tidak tahu. Kejadiannya kemarin jam 11 siang," ujar Nico saat ditemui wartawan di lokasi kejadian, Selasa (3/8/2021).

"Yang diambil dua gelang emas dengan berat sekitar 15 gram. Jika dihitung nilainya Rp 4,5 juta, karena merupakan perhiasan emas muda," sambung Nico.

Sesuai rekaman dalam CCTV, lanjut Nico, pelaku perempuan terlihat paling aktif. Dari mulai meminta penjaga toko untuk mengeluarkan perhiasan yang ada dalam etalase kaca.

Sementara, pelaku pria hanya mendampingi. Setelah beberapa perhiasan dikeluarkan, pelaku perempuan bergeser tempat, dengan maksud mengalihkan perhatian penjaga toko.

"Yang perempuan paling aktif tanya, sementara laki-lakinya hanya mendampingi. Yang mengambil pelaku pria, ketika beberapa perhiasan dikeluarkan dan pelaku perempuan bergeser tempat," beber Nico.

Menurut Nico, aksi pencurian bukan pertama kali terjadi. Tahun 2014 silam, toko emas tempat dirinya bekerja pernah kemalingan dengan modus hampir sama.

"2014 pernah, dan beberapa toko emas lain juga pernah. Modusnya hampir sama, meminta penjaga toko mengeluarkan minimal lima perhiasan, kemudian dengan cepat, dua perhiasan diambil," tuturnya.

Polsek Gondanglegi sendiri tengah menyelidiki aksi pencurian emas ini. Meskipun pemilik toko emas tak membuat laporan adanya pencurian itu.

"Kita masih menyelidiki, karena merupakan tugas kita. Meskipun, sampai hari ini pemilik toko emas tidak melapor," ujar Kapolsek Gondanglegi Kompol Agus S Hariyadi ditemui terpisah.

Agus menghimbau pemilik toko emas berhati-hati dalam melayani calon pembeli. Agar kejadian serupa tak terulang kembali.

(iwd/iwd)