Nakes Malang Jadi yang Pertama di Indonesia Divaksin Dosis Ketiga, Ini Syaratnya

Muhammad Aminudin - detikNews
Selasa, 03 Agu 2021 12:02 WIB
Tinjau Vaksinasi, Gubernur Jatim Sebut Malang Jadi Daerah Pertama Dosis Ketiga Nakes
Vaksin dosis ketiga di Kota Malang (Foto: Muhammad Aminudin/detikcom)
Malang -

Tenaga kesehatan (Nakes) di Kota Malang akan menerima vaksin dosis ketiga. Dosis ketiga ini disebut pertama dilakukan di Indonesia di Kota Malang. Ada syarat untuk nakes agar bisa menerima suntikan vaksin jenis Moderna itu.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Malang dr Husnul Muarif menyatakan, syarat nakes untuk menerima vaksin dosis ketiga dengan menyerahkan lampiran berisi data diri. Yakni telah menerima vaksin dosis pertama serta vaksin dosis kedua.

"Kemudian, ada jarak waktu selama tiga bulan dari vaksin dosis kedua. Lampiran harus diserahkan, sebelum menerima vaksin dosis ketiga," ujar Husnul kepada detikcom melalui sambungan telpon, Selasa (3/8/2021).

Husnul membeberkan, vaksin dosis ketiga bagi nakes pertama kali diberikan saat kedatangan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di RS Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan RS Unisma.

Baca juga: Khofifah Pantau Vaksinasi Nakes, Malang Jadi Daerah Pertama Dosis Ketiga

"Yang di Unisma sebanyak 25 orang dan UMM juga 25 orang, penerima vaksin dosis ketiga," beber Husnul.

Menurut Husnul, Kota Malang menerima kuota vaksin dosis ketiga sebanyak 11.934 dosis. Vaksin itu akan diberikan bagi nakes yang bertugas di rumah sakit, puskesmas dan klinik.

"Kita dapat kuota sekitar 11 ribu 900-an, untuk nakes di rumah sakit, puskesmas, dan klinik-klinik," tuturnya.

Sementara Dinkes Kota Malang mencatat, data nakes telah menerima vaksin dosis satu dan dua sebanyak 13 ribu. Rencananya, Kota Malang akan mengajukan penambahan dosis vaksin, untuk memenuhi kuota vaksin dosis ketiga.

"Jika ada kekurangan, kita ajukan penambahan nanti," pungkas Husnul.

(fat/fat)