Kantor Pos di Surabaya Bagikan BST Door to Door

Esti Widiyana - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 20:52 WIB
bst di surabaya
Petugas Kantor Pos Surabaya menyalurkan BST ke warga yang tak mampu mengambil (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya -

Kantor Pos Surabaya menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) secara langsung kepada keluarga penerima manfaat (KPM) dengan mendatangi rumah masing-masing penerima. Cara door to door dilakukan, karena mempertimbangkan faktor usia dan kondisi penerima bantuan.

Berbekal data dari Kemensos, dua orang petugas Kantor Pos Surabaya mendatangi satu per satu KPM yakni di Jalan Kedung Sroko, Jalan Pacar Kembang, dan Jalan Kalikepiting, Kecamatan tambaksari, Surabaya untuk menyalurkan BST.

Petugas mendatangi langsung rumah-rumah KPM, karena masing-masing penerima tidak dapat hadir saat penyaluran BST di Kantor Pos. Setelah dinyatakan valid dan sesuai data di Kemensos, KTP dan KK, masing-masing KPM menerima uang tunai sebesar Rp 600 ribu.

Salah satu petugas BST Kantor Pos Surabaya, Hartono mengatakan pihaknya sengaja menjemput bola karena melihat kondisi penerima. "Karena faktor usia dan kondisi dari penerima bantuan," kata Hartono kepada wartawan di Kecamatan Tambaksari, Senin (2/8/2021).

Pihaknya membantu para PKM yang tidak bisa mengambil untuk mendatangi. Kemudian memberikan bantuan uang tunai sebanyak Rp 600 ribu secara langsung ke penerima.

"Tugas kita memberikan untuk yang kondisinya benar-benar belum bisa mengambil. Terutama untuk yang sakit otomatis kita datangi langsung," jelasnya.

Kantor Pos sendiri, menyalurkan BST untuk bulan Mei dan Juni bagi warga Surabaya totol ada 172.870 orang. Total nomialnya ialah Rp 103 Miliar.

Salah satu anak dari penerima Bansos warga Tambaksari, Khusnul mengucapkan terima kasih, karena sudah memberikan bantuan secara langsung ke rumah. Sebab, ibunya tidak bisa datang karena kondisinya yang sakit stroke.

"Kan sakit stroke sudah lama. Ya terima kasih atas bantuannya, bisa untuk beli popok, untuk kebutuhan sehari-hari," pungkas Khusnul.

(iwd/iwd)