Khofifah Pantau Vaksinasi Nakes, Malang Jadi Daerah Pertama Dosis Ketiga

Muhammad Aminudin - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 15:52 WIB
Tinjau Vaksinasi, Gubernur Jatim Sebut Malang Jadi Daerah Pertama Dosis Ketiga Nakes
Khofifah pantau vaksinasi dosis ketiga (Foto: Muhammad Aminudin/detikcom)
Malang -

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau vaksinasi COVID-19 dosis ketiga untuk tenaga kesehatan (nakes). Vaksinasi dosis ketiga dengan jenis vaksin Moderna diberikan ke 15 nakes di kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Khofifah mengatakan, rapat koordinasi digelar setiap hari bersama sejumlah instansi, terkait pemberian vaksin dosis ketiga kepada tenaga kesehatan. Gayung bersambut RS UMM menawarkan diri tenaga kesehatannya untuk divaksin dosis ketiga.

"Karena vaksin ini baru Rabu datang, kami koordinasi UMM bersedia untuk memulai bagi SDM kesehatan dengan vaksin moderna," ujar Khofifah saat meninjau vaksinasi COVID-19 di dome UMM, , Senin (2/8/2021).

Khofifah menambahkan, Malang menjadi daerah pertama di Indonesia untuk pemberian vaksin dosis ketiga bagi tenaga kesehatan.

"Malang jadi daerah pertama menggunakan Moderna untuk nakes, dan sinopharm bagi difabel," kata Khofifah.

Menurut Khofifah, vaksinasi COVID-19 dosis ketiga sebenarnya tidak ada bedanya dengan dosis-dosis sebelumnya. Hanya disebutkan Khofifah, nakes harus melampirkan pakta integritas bahwa memang menangani COVID-19 di garda terdepan secara langsung.

"Nakes harus menggunakan fakta integritas vaksin ketiga dengan menggunakan moderna," tegas Khofifah.

Khofifah berharap gerakan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga untuk tenaga kesehatan bisa terus dimaksimalkan, guna menjaga para tenaga kesehatan yang langsung menangani COVID-19.

"Mudah-mudahan SDM kesehatan di Malang, punya kesempatan pertama dapat. Bisa dimaksimalkan di Malang Raya, karena vaksinasi itu di cold storage Dinkes Kota Malang," harapnya.

Sementara apoteker RS UMM, Atika Putri menyebut ada 15 tenaga kesehatan (nakes) yang menjadi sasaran vaksin dosis ketiga.

"Hari ini saja ada 15 tenaga kesehatan dari RS UMM, kita pakai vaskin Moderna. Kalau yang untuk masyarakat umum hari ini hari ketiga vaksinasi dengan vaksin Aztrazeneca," tandas Atika terpisah.

(fat/fat)