Stok Obat hingga Vitamin di Kota Pasuruan Aman dan Harganya Normal

Muhajir Arifin - detikNews
Rabu, 28 Jul 2021 20:23 WIB
Ketersediaan obat-obatan dan vitamin di apotek-apotek Kota Pasuruan dipastikan aman. Harganya juga masih normal.
Apotek di Kota Pasuruan/Foto: Muhajir Arifin/detikcom
Pasuruan -

Ketersediaan obat-obatan dan vitamin di apotek-apotek Kota Pasuruan dipastikan aman. Harganya juga masih normal.

"Dari hasil sidak (inspeksi mendadak) tim gabungan ke sejumlah apotek hari ini, menunjukkan bahwa ketersediaan obat maupun vitamin masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan warga Kota Pasuruan," kata Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Rabu (28/7/2021).

Tim gabungan Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Kesehatan, BPOM, Satgas Pangan, Satpol PP dan polisi melakukan sidak ke sejumlah apotek. Antara lain Apotek Yap, kemudian ke Apotek Sejati dan Kimia Farma.

"Selain memastikan ketersediaan obat dan vitamin, sidak juga untuk mengetahui harga obat-obatan serta vitamin di pasaran. Obat-obatan dan vitamin harganya masih normal masih berada di bawah HET (harga eceran tertinggi)," jelas Gus Ipul.

Gus Ipul mengimbau masyarakat tak perlu panik karena obat-obatan maupun vitamin masih cukup tersedia di Kota Pasuruan. Masyarakat tak perlu melakukan aksi borong.

"Kami mengimbau masyarakat tidak melakukan aksi borong obat dan vitamin karena merugikan pasien atau masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Jangan ada panic buying, stok masih aman," pungkasnya.

(sun/sun)