Banyak Warga Kota Pasuruan yang Isoman Dipindah ke Tempat Isolasi Terpusat

Muhajir Arifin - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 21:38 WIB
Kasus COVID-19 aktif di Kota Pasuruan mencapai 631 pasien. Sebanyak 349 pasien menjalani isolasi mandiri (isoman), 102 pasien berada di tempat isolasi terpusat dan 180 pasien berada di rumah sakit baik dalam maupun luar kota.
Pemindahan sejumlah pasien isoman ke tempat isolasi terpusat/Foto: Muhajir Arifin/detikcom
Pasuruan -

Kasus COVID-19 aktif di Kota Pasuruan mencapai 631 pasien. Sebanyak 349 pasien menjalani isolasi mandiri (isoman), 102 pasien berada di tempat isolasi terpusat dan 180 pasien berada di rumah sakit baik dalam maupun luar kota.

Satgas COVID-19 Kota Pasuruan memindahkan sejumlah pasien tanpa gejala yang menjalani isoman ke tempat isolasi terpusat. Selain itu, pasien konfirmasi baru yang tanpa gejala juga diarahkan ke tempat isolasi terpusat.

Upaya itu dilakukan untuk mencegah penularan dan meningkatnya kasus terutama di kawasan permukiman, mengingat banyaknya pasien isoman. Selain itu juga untuk mempermudah pengawasan dan perawatan.

"Sesuai petunjuk dari pusat agar ditegakkan lagi isolasi terpusat. Pasien konfirmasi positif baru yang sekiranya rumahnya kurang memenuhi syarat isoman kita arahkan ke isolasi terpusat. Kemudian pasien isoman sebelumnya yang memang rumahnya kurang memenuhi syarat isoman juga dipindahkan ke tempat isolasi terpusat," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kota Pasuruan Kokoh Arie Hidayat, Senin (26/7/2021).

Pemkot Pasuruan memiliki lima tempat isolasi terpusat. Di antaranya Hotel Semeru dan di empat kecamatan, yakni Kecamatan Purworejo, Bugulkidul, Gadingrejo dan Panggungrejo. Total kapasitas kelima tempat isolasi itu 216 pasien.

"Kalau semua pasien isoman kita arahkan ke tempat isolasi terpusat, nggak cukup. Jadi yang kita arahkan dan pindahkan mereka yang rumahnya kurang memenuhi syarat," terang Kokoh.

Pemindahan sejumlah pasien isoman dilakukan mulai hari ini oleh personel TNI, Polri dan petugas dinas kesehatan. Beberapa pasien isoman hari ini dipindahkan ke Hotel Semeru, Jalan Veteran, Pasuruan.

"Sementara ini kita arahkan ke hotel. Kalau hotel penuh yang ke tempat isolasi terpusat di kecamatan," pungkas Kokoh.

Lihat juga video 'Kapal Disiapkan Jadi Tempat Isoman, Dokter Paru Ingatkan Beberapa Hal...':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)