Perpanjangan PPKM Level 4, 33 Kabupaten/Kota di Jatim Masih Zona Merah

Faiq Azmi - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 11:41 WIB
zona merah covid-19 di jatim
Zona COVID-19 Jatim (Foto: Tangkapan layar)
Surabaya -

PPKM level 4 di Jatim diperpanjang hingga 2 Agustus 2021. Saat ini, kasus aktif COVID-19 di Jatim sebanyak 55.191. Dan 33 Kabupaten/Kota di Jatim masih masuk zona merah COVID-19.

"Berdasar laman Bersatu Lawan COVID (BLC), 33 kabupaten/kota di Jatim masuk zona merah," ujar Dr Makhyan Jibril, Jubir Satgas COVID-19 Jatim dalam keterangannya, Senin (26/7/2021).

Jibril menjelaskan ada sejumlah indikator yang menyebabkan 33 Kabupaten/Kota di Jatim masih zona merah COVID-19. Salah satunya adalah karena kenaikan kasus dalam 2 pekan terakhir.

Saat ini, rata-rata kasus harian COVID-19 di Jatim berada di kisaran 4-6 ribu kasus per-harinya. Bahkan, beberapa hari lalu, kasus harian COVID-19 di Jatim sempat menembus 8 ribu.

Meski begitu, angka testing di Jatim, disebut Jibril sudah di atas standar WHO. Selain itu, kondisi BOR saat ini mulai turun.

"Pekan lalu, testing di Jatim mencapai 83-84 ribu dari target WHO sekitar 45 ribu. BOR isolasi juga menurun di angka 77 persen. Dan dari PPKM darurat serta level 3 dan 4, mobilitas warga juga turun hampir 32 persen," imbuhnya.

Berikut detail zonasi COVID-19 di 38 Kabupaten/Kota:

- Zona Merah (33 Kabupaten/Kota)
Ponorogo, Kediri, Kota Batu, Kabupaten Madiun, Kabupaten Malang, Kabupaten Mojokerto, Tuban, Sidoarjo, Banyuwangi, Ngawi, Kota Kediri, Lumajang, Situbondo, Bojonegoro, Bangkalan, Kota Madiun, Jember, Magetan, Nganjuk, Kabupaten Probolinggo, Kota Surabaya, Trenggalek, Jombang, Blitar, Gresik, Pacitan, Kota Mojokerto, Kota Pasuruan, Tulungagung, Kabupaten Pasuruan, Kota Malang, Lamongan, Bondowoso.

- Zona Oranye (5 Kabupaten/Kota)
Kota Probolinggo, Sumenep, Kota Blitar, Pamekasan, Sampang.

- Zona Kuning (tidak ada)

- Zona Hijau (tidak ada).

(iwd/iwd)