Kebakaran Pabrik Pengolahan Kayu di Kota Probolinggo Padam, Kerugian Rp 10 M

M Rofiq - detikNews
Sabtu, 24 Jul 2021 13:57 WIB
pabrik kayu di probolinggo terbakar
Pabrik kayu yang padam setelah terbakar (Foto: M Rofiq)
Kota Probolinggo -

Pabrik pengolahan kayu PT Griya Mapan Lestari, di Kota Probolinggo yang terbakar akhirnya padam. Pabrik tersebut terbakar pada Jumat (23/7) siang dan baru padam Sabtu (24/7/2021) pukul 04.30 WIB.

"Api sulit dipadamkan. Selain anginnya kencang, juga banyak bahan pengolahan kayu, seperti lembaran triplek dan serbuk kayu, membuat petugas kesulitan. Petugas Damkar hanya bisa melakukan pendinginan dan memantau rumah warga dari bunga api yang berterbangan ke rumah warga di depan pabrik, api baru bisa dipadamkan sekitar 13 jam," ujar Kasi Damkar Pemerintah Kota Probolinggo Abdullah kepada detikcom.

Penyebab pabrik pengolahan kayu milik Ilyas Aditiawan (32), ini masih belum diketahui asalnya. Kerugian diperkirakan mencapai Rp 10 miliar.

Setelah padam, polisi langsung memasang police line dan menunggu tim Labfor yang Senin besok baru akan datang untuk melakukan olah TKP untuk mengetahui pastinya penyebab kebakaran.

Kasat Reskrim Polres Probolinggo Kota AKP Heri Sugiono sudah melakukan olah TKP sementara dan memeriksa saksi-saksi serta pemilik pabrik.

"Kami sudah melakukan olah TKP sementara dan memasang police line. Kami juga menunggu pihak dari Labfor untuk melakukan olah TKP. Api baru padam Sabtu pagi, pukul 03:30 WIB, kerugian mencapai Rp 10 miliar," kata Heri.

(iwd/iwd)