Sambil Razia Prokes, Satgas COVID-19 Banyuwangi Bagikan Sembako ke PKL

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 23 Jul 2021 21:43 WIB
Satgas COVID-19 Banyuwangi menggelar patroli skala besar. Selain merazia pelanggar prokes, mereka juga membagikan sembako ke warga terdampak PPKM.
Satgas COVID-19 Banyuwangi membagikan sembako ke PKL/Foto: Ardian Fanani/detikcom
Banyuwangi -

Satgas COVID-19 Banyuwangi menggelar patroli skala besar. Selain merazia pelanggar prokes, mereka juga membagikan sembako ke warga terdampak PPKM.

Petugas gabungan itu terdiri dari TNI/Polri, Satpol PP dan BPBD, Linmas serta relawan Banyuwangi Memanggil. Mereka menggelar razia di beberapa penyekatan ke kota Banyuwangi. Tak hanya itu, mereka pun membagikan masker dan sembako kepada warga, pedagang kaki lima dan yang melakukan isoman.

Kapolresta Banyuwangi AKBP Nasrun Pasaribu mengatakan, patroli berskala besar setiap hari dilakukan. Selain patroli, mereka juga membagikan bantuan sosial kepada warga, PKL dan warga isoman dari pemerintah melalui Kemenko Marves dan Setpres melalui Polda Jatim.

"Setiap hari, kawan-kawan yang melaksanakan patroli skala besar sasarannya kita tambahkan membagikan paket sembako. Saat ini paket beras 5 kg kepada warga yang terdampak," kata AKBP Nasrun kepada wartawan usai membagikan sembako di tempat jajanan Naga Bulan, Kelurahan Tukangkayu, Banyuwangi, Jumat (23/7/2021).

Kapolresta Banyuwangi juga menambahkan, bantuan sosial berupa 5 kg beras tersebut dibagikan saat patroli skala besar di empat wilayah. Total ada 500 paket beras yang dibagikan.

"Mulai dari kemarin itu sudah kita bagi lewat teman-teman Satgas COVID-19 di tingkat kecamatan. Harapannya ini bisa dimanfaatkan oleh warga yang terdampak terkait dengan penerapan PPKM," ungkap AKBP Nasrun.

Ia juga mengimbau warga yang terdampak PPKM level 3-4 namun belum menerima Bansos, segera menginformasikan ke polisi melalui call center 110.

"Nanti kalau seandainya ada warga yang terdampak yang belum menerima, nanti bisa melaporkan ke kami. Baik melalui 110, bisa ke hot line-nya Pemkab Banyuwangi 112. Nanti kita akan datang," paparnya.

Ridho, pedagang cilok di Naga Bulan mengaku sangat terbantu dengan adanya sembako yang dibagikan oleh Satgas COVID-19 Banyuwangi. Selama PPKM berlangsung dirinya mengaku kesulitan menjual dagangan. Hingga mengakibatkan kerugian.

"Ini bisa membantu saya dan keluarga. Kemarin juga dari Pemkab Banyuwangi dapat uang Rp 300 ribu. Sekarang dapat beras dari polisi. Terima kasih," pungkasnya.

(sun/bdh)