Muncul Klaster Gula, Zona COVID-19 Bondowoso Makin Merah

Chuk S Widarsha - detikNews
Rabu, 30 Jun 2021 17:10 WIB
jubir Satgas COVID-19 Bondowoso, dr Mohamad Imron
Jubir Satgas COVID-19 Bondowoso, dr Mohamad Imron (Foto: Chuk S Widarsha)
Bondowoso -

Satu klaster lagi muncul di Bondowoso. Kali ini klaster pabrik gula di mana sejumlah tenaga angkut gula sebuah BUMN yang ada di Prajekan positif COVID-19. Namun belum diketahui berapa orang yang terpapar.

"Benar. Ada klaster pabrik gula," jelas jubir Satgas COVID-19 Bondowoso, dr Mohamad Imron saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (30/6/2021).

Imron mengatakan klaster pabrik gula itu terjadi karena memang mereka yang terpapar merupakan tenaga angkut di pabrik gula yang berlokasi di Prajekan tersebut.

Namun Imron enggan menyebutkan berapa orang yang terpapar COVID-19 yang berasal dari klaster pabrik gula itu. Yang jelas, dari klaster pabrik gula itu dampaknya bervariasi. Dari tanpa gejala hingga dalam penanganan intensif.

Dari Informasi yang diperoleh, klaster pabrik gula tersebut berawal saat salah seorang tenaga angkut di pabrik itu terpapar COVID-19. Lantas dua memaparkannya ke beberapa rekannya.

Satgas COVID-19 setempat lalu melakukan tracing, testing, serta treatment. Terutama pada kontak erat yang berinteraksi langsung dengan pasien aktif COVID-19, maupun lingkungannya. Hasilnya, terdeteksi banyak yang terkonfirmasi.

Selain klaster pabrik gula, juga ada beberapa klaster di Bondowoso seperti klaster hajatan, perkantoran, serta beberapa klaster lainnya yang saat ini dalam penanganan.

(iwd/iwd)