BOR Capai 63%, Pasuruan Cari Rumah Karantina Tambahan

Muhajir Arifin - detikNews
Kamis, 24 Jun 2021 22:42 WIB
rumah karantina di pasuruan
Salah satu rumah karantina di Kota Pasuruan (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan -

Lonjakan kasus COVID-19 di Kota Pasuruan menyebabkan ruang karantina penuh. Pemkot tengah menyiapkan rumah karantina tambahan.

Pemkot Pasuruan sudah menyediakan rumah karantina di empat kecamatan, yakni Purworejo, Panggungrejo, Bugulkidul dan Gadingrejo. Total kapasitas di empat lokasi itu 120 orang.

"Sudah penuh kerena ada lonjakan kasus. Sebagian besar kasus tanpa gejala, sehat, jadi kami isolasi di rumah karantina," kata Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) di Pendopo Kota, Kamis (24/6/2021).

Pihaknya saat ini dalam proses mencapai lokasi untuk dijadikan rumah karantina tambahan. Beberapa gedung sudah disurvei termasuk beberapa gedung sekolah.

Meski rumah karantina penuh, Bed Occupancy Rate (BOR) RSUD dr R Soedarsono masih aman. 6 bed ICU sudah terisi 5, sedangkan 73 bed di ruang isolasi terisi 45.

"BOR rumah sakit 63, 29 persen," terangnya.

Seperti di ketahui, Kota Pasuruan mengalami lonjakan kasus COVID-19 disebabkan adanya rombongan ziarah warga Kelurahan Trajeng, Kecamatan Panggungrejo, ke luar kota. Klaster ziarah ini juga menjadi penyebab klaster pesantren. Puluhan kasus juga ditemukan di instansi Pemkot Pasuruan dan perkantoran swasta.

(iwd/iwd)