Ini Penyebab Kematian Santri yang Tewas Dikeroyok Gegara Curi Rp 100 RIbu

Charoline Pebrianti - detikNews
Kamis, 24 Jun 2021 19:06 WIB
santri tewas di ponorogo
Ruang jenazah RSUD dr Harjono Ponorogo (Foto: Charoline Pebrianti)
Ponorogo -

Santri sebuah ponpes di Ponorogo tewas setelah dikeroyok empat santri lain. Jenazah korban telah diautopsi. Dan inilah penyebab kematian korban.

Korban adalah M (15) asal Palembang. Sementara pelaku adalah MN (18), YA (15), AMR (15), dan AM (15). Mereka merupakan santri salah satu pondok pesantren di Kecamatan Jambon, Ponorogo.

Dokter Forensik RS Bhayangkara Kediri dr Tutik Purwanti menjelaskan dari hasil autopsi pada pemeriksaan luar, ditemukan luka memar di area kepala, lengan, tangan, dan wajah.

"Pemeriksaan dalam ada pendarahan dari rongga kepala sampai ke otaknya," tutur Tutik kepada wartawan saat ditemui di ruang jenazah RSUD dr Harjono Ponorogo, Kamis (24/6/2021).

Menurut Tutik, pendarahan itulah yang menyebabkan si santri mengalami kegagalan atau gangguan pernafasan hingga meninggal dunia.

"Banyak luka di wajah dan kepala, pemicu pendarahan akibat pemukulan di kepala," tegas Tutik.

Disinggung soal adanya kemungkinan penyakit dalam, Tutik menerangkan tidak ditemukan kelainan pada organ korban asal Palembang tersebut.

"Luka memar karena kekerasan tumpul. Banyak luka memar di bagian atas, lengan, dada, leher dan kepala, tidak ada kekerasan tajam," imbuh Tutik.

Kasus ini sudah ditangani Kanit PPA Satreskrim Polres Ponorogo Ipda Gestik Ayudha Ningrum. Keempat pelaku pun sudah diamankan.

"Barang bukti yang diamankan 10 potong baju. Ada yang berdarah diduga baju milik korban. Pelaku dijerat dengan pasal 80 ayat 3 juncto 170 ayat 3E, UU nomor 35 tahun 2014," pungkas Gestik.

Seorang santri tewas setelah dikeroyok empat santri temannya. Sebelumnya santri tersebut mengaku telah mencuri uang Rp 100 ribu milik santri lain. Korban dikeroyok di ruang kelas di lantai atas. Korban sempat dibawa ke rumah sakit saat kondisinya sudah memburuk. Korban meninggal saat dirawat.

Tonton juga Video: Sopir Truk Dikeroyok Rombongan Pengiring Jenazah di Jakut

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)