KASAL Paparkan Pentingnya Vaksinasi COVID-19 di Pelabuhan Tanjung Perak

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Kamis, 24 Jun 2021 17:13 WIB
Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono meninjau vaksinasi COVID-19 di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.
Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono/Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom
Surabaya -

Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono meninjau vaksinasi COVID-19 di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Vaksinasi menargetkan 1.000 dosis per hari.

Vaksinasi COVID-19 tersebut digelar di lapangan Prapat Kurung. Laksamana TNI Yudo Margono didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa serta perwakilan dari Mabes Polri. Mereka meninjau beberapa stan vaksinasi mulai dari proses screening hingga vaksinasi.

Yudo mengatakan vaksinasi COVID-19 digelar di daerah-daerah pelabuhan. Mulai Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Tanjung Mas, Pelabuhan Tanjung Perak dan beberapa pelabuhan lainnya. Ada 100 titik di seluruh Indonesia.

"Pada siang ini kita telah melaksanakan serbuan vaksinasi yang dikhususkan di daerah-daerah pelabuhan. Kemarin dilaksanakan di Tanjung Priok dan tadi pagi saya tinjau (pelabuhan) Tanjung Mas. Sekarang di Tanjung Perak dilaksanakan di lapangan ini," kata Yudo kepada wartawan, Kamis (24/6/2021).

Dalam vaksinasi COVID-19 di Pelabuhan Tanjung Perak, per hari ditargetkan mencapai seribu vaksin. "Targetnya pada siang ini adalah 1.200, saat ini sudah terlaksana 750. Harapannya mendukung 1 juta vaksin dalam sehari," ungkap Yudo.

Ia juga menegaskan, program serbuan vaksinasi COVID-19 digelar di 100 titik di seluruh Indonesia. Salah satunya di Pelabuhan Tanjung Perak.

"Karena ini pelabuhan internasional, sebagai penopang ekonomi. Ini sangat penting, di situ juga tempat keluar masuknya kapal asing maupun kapal kita dalam program tol laut. Sehingga pelabuhan ini, para pekerja, para operator kran, maupun operator kendaraan, maupun tenaga bongkar muat, maupun keluarganya perlu kita laksanakan vaksin," paparnya.

"Karena jangan sampai pelabuhan yang merupakan sentra ekonomi ini terganggu, karena terkena COVID, sehingga mereka mudah-mudahan semua kita vaksin dan sehat. Sehingga sentra ekonomi tidak akan terhenti," lanjut Yudo.

Tonton Video: Jokowi: Jika Ada Kesempatan Vaksinasi, Ambil dan Jangan Menolak!

[Gambas:Video 20detik]