Soal Penampakan Buaya di Bengawan Solo, BKSDA Duga Tak Hanya 2 Ekor

Eko Sudjarwo - detikNews
Kamis, 24 Jun 2021 13:31 WIB
Ada penampakan buaya di Sungai Bengawan Solo, Lamongan. Buaya itu tampak di bantaran sungai di Desa Parengan, Kecamatan Maduran.
Penampakan buaya di Sungai Bengawan Solo/Foto: Tangkapan Layar
Lamongan -

Beberapa waktu lalu ada penampakan buaya di bantaran Sungai Bengawan Solo. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) baru saja melakukan survei ke lokasi penampakan buaya tersebut.

Lokasi penampakan buaya berada di Desa Parengan, Kecamatan Maduran. Kepala Resort Konservasi Wilayah (RKW) Gresik X BKSDA Jawa Timur Agus Ariyanto membenarkan, pihaknya telah melakukan survei. Sebelum survei, pihaknya terlebih dulu berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat.

"Kami telah melakukan survei lokasi penampakan dan sebelumnya kami juga telah berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat," kata Agus saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (24/6/2021).

Baca juga: Ada Penampakan Buaya di Bengawan Solo, Warga Lamongan Takut ke Sungai

Dari koordinasi tersebut, terang Agus, didapatkan informasi bahwa penampakan buaya di desa itu baru pertama kali terjadi. "Informasi yang didapat dari kepala desa, selama beliau tinggal di desa tersebut baru ada kemunculan buaya ya pada saat ini. Sebelumnya tidak pernah ada, walaupun air bengawan sampai mengering dan bisa dibuat untuk jalan-jalan," ujar Agus.

Menurut Agus, hasil survei di bantaran Sungai Bengawan Solo yang menjadi titik di mana warga setempat melihat penampakan buaya, ditemukan jejak buaya. Diketahui, terdapat 4 titik yang menjadi lokasi kemunculan buaya dengan masing-masing titik berjarak 200-250 meter.

"Saat tim BKSDA Jatim melakukan survei ke lokasi, buaya yang dinantikan tidak menampakkan diri. Namun penduduk sekitar bilang paginya sempat muncul," terangnya.

Baca juga: Beredar Foto Penampakan Buaya di Bantaran Sungai Bengawan Solo

Dari penelusuran dan pengamatan yang dilakukan di 4 titik tersebut, lanjut Agus, BKSDA memperkirakan buaya yang ada di sekitar wilayah tersebut tidak hanya 2 ekor seperti dugaan warga. Melainkan ada sekitar 3-4 ekor buaya. Jenis buaya yang menampakkan diri tersebut adalah buaya muara dengan nama latin Crocodyllus porosus.

"Jumlah buaya tersebut diperkirakan 3-4 ekor. Satu berukuran besar, 3 ekor lainnya masih berukuran kecil sekitar 1,5 meter sampai 2 meter," imbuhnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada Rabu (9/6) ada penampakan buaya di bantaran Sungai Bengawan solo. Penampakan buaya yang sedang berjemur di bibir Bengawan Solo tersebut sempat diabadikan oleh salah satu warga dan diunggah ke media sosial.

Lihat juga video di Tahun 2019 'Penampakan Kawanan Buaya di Sungai Bengawan Solo':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)