Bupati Ponorogo dan Istri Positif COVID-19, Kegiatan Bertemu Tamu Dihentikan

Charolin Pebrianti - detikNews
Selasa, 22 Jun 2021 08:24 WIB
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko positif COVID-19 (Foto: Tangkapan Layar)
Ponorogo -

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko dan istri positif COVID-19. Saat ini keduanya melakukan isolasi mandiri di rumah dinas Pringgitan karena tidak merasakan gejala.

Plt Kadinkes Ponorogo, Agus Pramono membenarkan bupati dan istrinya positif COVID-19 dan isolasi mandiri. Itu diketahui setelah hasil PCR keluar Senin (21/6/2021) sore.

"Seluruh agenda penerimaan tamu dihentikan sambil menunggu masa isolasi (bupati) selesai. Kondisinya tidak ada keluhan, bisa makan dengan baik," jelas Agus.

Menurutnya, Satgas COVID-19 harus segera berkoordinasi terkait dengan kegiatan masyarakat. Terutama penderita COVID-19 yang tanpa gejala harus diwaspadai.

"Apalagi Bed Occupancy Rate (BOR) kita mendekati penuh, tidak harus dengan menambah bed tapi bisa dengan diimbangi pembatasan," imbuh Agus.

Agus mengambil contoh, saat ini di Jakarta dilakukan pembatasan untuk menekan angka penyebaran COVID-19. Ponorogo pun mulai mengambil ancang-ancang dengan menjaga protokol kesehatan serta memperketat kegiatan masyarakat, mengantisipasi lonjakan COVID-19.

Baca juga: Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko dan Istri Positif COVID-19

"Misalnya di Alun-Alun Ponorogo ada yang menjaga dari Satgas COVID-19," tandas Agus.

Disinggung soal hasil tracing, Agus menerangkan awalnya istri bupati dinyatakan positif. Kemudian Bupati Sugiri juga dinyatakan positif. Keduanya menjalani isolasi dengan ajudan.

"Putra-putranya semuanya negatif," pungkasnya.

Sebelumnya, melalui video berdurasi 1 menit 17 detik yang tersebar di media sosial, Sugiri menyampaikan kabar dirinya bersama istri dinyatakan positif COVID-19 dari hasil swab PCR RSUD dr Harjono Ponorogo.

"Sahabat masyarakat Ponorogo tanpa kecuali, tetap jaga kesehatan, jaga prokes, jangan lupa pake masker," tutur Giri di awal video, Senin (21/6/2021).

Giri menjelaskan saat ini kondisinya baik-baik saja dan tidak merasakan gejala apapun. Pihaknya pun memilih melakukan isolasi mandiri sembari mengerjakan tugasnya sebagai bupati.

"COVID-19 masih ada di mana-mana. Buktinya saya hasil swab dari RSUD dr Harjono, saya dan istri saya positif COVID-19 tapi dalam keadaan sehat tanpa gejala dan bisa apa saja, saya bisa makan minum, bisa bicara, masih bisa melakukan aktivitas di dalam ruang isolasi secara mandiri," terang Giri.

Simak juga 'Positif Corona, Bintang Emon Ngaku Di-endorse COVID-19':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)