Penyekatan Suramadu Sisi Bangkalan Hanya Periksa Kendaraan Pelat M

Esti Widiyana - detikNews
Jumat, 18 Jun 2021 21:03 WIB
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Bupati Bangkalan
Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron dan Wali Kota Eri Cahyadi/Foto: Esti Widiyana
Surabaya -

Pos penyekatan Suramadu ada dua yakni sisi Bangkalan dan sisi Surabaya. Di sisi Bangkalan, petugas hanya memeriksa kendaraan pelat M.

Pantauan detikcom di penyekatan Suramadu sisi Bangkalan arah Surabaya pada pukul 15.20 WIB, tampak banyak petugas yang sedang berjaga. Kendaraan pelat M diperiksa. Pengendara dan penumpang yang tidak memiliki surat bebas COVID-19 diminta swab antigen.

Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron mengatakan, berdasarkan hasil rakor dengan Gubernur, Pangdam dan Kapolda Jatim, pemeriksaan pengendara pelat M dilakukan di penyekatan Suramadu sisi Bangkalan.

"Akhirnya terjadi kesepakatan penyekatan di sisi Madura ini akan memeriksa pengendara yang pelat M. Selanjutnya, di luar pelat M seperti pelat L, W dan seterusnya ini akan dilakukan pemeriksaan di sisi Surabaya," jelasnya.

Baca juga: Warga Madura yang Rusak Pos Penyekatan Suramadu Lolos dari Bangkalan

Latif juga mengatakan, penyekatan Suramadu sisi Surabaya membantu Bangkalan. Pemkab Bangkalan juga dibantu tenaga medis, maupun pengamanan oleh Pemkot Surabaya.

"Sudah berjalan baik. Tentunya harapan kami pada masyarakat, mari kita prokes secara disiplin, dan bagi pengendara yang akan melintas ke Surabaya, agar tidak berlama-lama menunggu antrean di sini," ujarnya.

Ia menyampaikan, Pemkab Bangkalan juga sudah menyiapkan tes swab antigen maupun PCR di masing-masing kecamatan. Sehingga bagi pengendara yang akan melintas dari Bangkalan ke Surabaya sudah memiliki keterangan sehat.

"Jadi tidak harus periksa di penyekatan. Oleh karena itu, kami imbau pada masyarakat untuk tetap disiplin. Karena tidak lain inilah untuk menjaga keselamatan baik itu Surabaya, Bangkalan maupun Madura Raya pada umumnya," lanjutnya.

Baca juga: Warga Madura Rusak Pos Penyekatan Suramadu, Ini Jawaban Wali Kota Eri

Puluhan pengendara melakukan perusakan di pos penyekatan Suramadu sisi Surabaya sekitar pukul 03.00 WIB. Mereka lolos dalam penyekatan sisi Bangkalan karena petugas sedang ganti shift.

Atas insiden yang terjadi dini hari tadi, ia meminta tidak perlu saling menyalahkan. Ia berharap nakes yang ada di pos penyekatan tetap semangat.

"Kami selaku Pemerintah Kabupaten Bangkalan dan juga mewakili masyarakat Bangkalan menyampaikan terima kasih atas kinerja nakes dan juga tim pengamanan di penyekatan, baik di sisi Madura atau Surabaya. Oleh karena itu, atas kejadian subuh tadi, kami intinya tidak ada saling menyalahkan, dan juga mudah-mudahan nakes yang bekerja di sini tetap semangat dan tidak lelah mengimbau masyarakat terkait prokes," pungkasnya.

(sun/bdh)