36.464 Warga Di-swab di Penyekatan Suramadu, 32 Orang Positif COVID-19

Esti Widiyana - detikNews
Jumat, 18 Jun 2021 17:23 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Surabaya, Febria Rachmanita
Kepala Dinas Kesehatan Surabaya, Febria Rachmanita (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

Sebanyak 36.464 pengendara motor dan mobil telah diswab antigen di penyekatan Suramadu arah Surabaya. Dari 36.464 pengendara, 772 di antaranya positif antigen.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan untuk hari ini saja ada sebanyak 1.186 pengendara yang diswab antigen. 32 Di antaranya positif.

"Kalau kita lihat dari tanggal 5 Juni sampai hari ini, itu ada swab antigen sebanyak 36.464, yang positiifnya 772," kata Fenny sapaan akrabnya kepada wartawan di penyekatan Suramadu arah Surabaya, Jumat (18/6/2021).

Namun, tidak hanya tes swab antigen yang dilakukan di penyekatan Suramadu. Warga yang positif maupun bergejala langsung diswab PCR tanpa menunggu hasil antigen positif.

"Tapi kami tidak hanya tes antigen, kami juga PCR. Tapi swab PCR apabila ada keluhan, ada gejala jadi ada batuk, pilek, suspect, itu kami sampaikan bahwa dia wajib," ujarnya.

"Untuk PCR itu jumlahnya ada 394. Sehingga total PCR yang kita lakukan ada 1.166 dengan hasil positif 530, masih menunggu hasil 6. Hasil PCR yang kita buat, bisa 4 jam, tidak perlu menunggu besok," tambahnya.

Fenny menjelaskan agar kasus tidak semakin menyebar, maka perlu dilakukan blocking di area yang banyak kasus COVID-19. Seperti yang selama ini dilakukan oleh Pemkot Surabaya, bila ditemukan dua kasus Corona, maka akan dilakukan swab massal di area tersebut.

"Selama ini yang kita lakukan, bahwa bila ada kasus dua positif, kita langsung lakukan swab massal, untuk mencari yang positif. Kemudian kita lakukan juga blocking area, yang dijaga kamtibmas," pungkasnya.

(iwd/iwd)