Kesan Kapolres Kediri Kota 5 Bulan Berupaya Turunkan Kasus COVID-19

Andhika Dwi - detikNews
Jumat, 18 Jun 2021 14:08 WIB
Kapolres Kediri Kota AKBP Eko Prasetyo diganti AKBP Wahyudi. Eko bersama anggotanya menggelar gowes perpisahan dan silaturahmi ke tokoh agama hingga Forkopimda.
Kapolres Kediri Kota AKBP Eko Prasetyo diganti AKBP Wahyudi/Foto: Andhika Dwi/detikcom
Kediri -

Kapolres Kediri Kota AKBP Eko Prasetyo diganti AKBP Wahyudi. Eko bersama anggotanya menggelar gowes perpisahan dan silaturahmi ke tokoh agama hingga Forkopimda.

Tokoh ulama yang dikunjungi AKBP Eko antara lain KH Abdulah Kafabihi Makhrus (Pondok Lirboyo), KH Anwar Mansur (Pondok Lirboyo), KH Zainudin Djazuli (Pondok Ploso,Mojo), KH Nurul Huda Djazuli (Pondok Al Falah Ploso,Mojo), KH Abu Bakar Abdul Jalil (Pondok Salafiyah, Mojoroto).

Selama lima bulan menjabat sebagai Kapolres Kediri Kota, AKBP Eko memiliki banyak tantangan. Khususnya mengenai penanganan kasus COVID-19 di wilayah hukum Polres Kediri Kota.

Bersama Forkopimda Kota Kediri, Eko berusaha menekan angka kasus COVID-19. Di mana tantangannya adalah menurunkan kasus COVID-19 namun roda perekonomian masyarakat harus terus berjalan.

"Corona ini hal yang tidak tampak. Bagaimana kita harus mengatasi COVID-19 dan roda perekonomian tetap terus berjalan," jelas AKBP Eko, Jumat (18/6/2021).

Ketegasan Eko dalam penerapan kedisiplinan terhadap anggota, membuat dia dikenal sebagai Kapolres yang tegas. Eko juga mengajak para anggotanya menjaga kesehatan dan kondisi tubuh dengan bersepeda atau gowes.

"Saat ini anggota klub sepeda ada 50 orang, semua pada keracuni. Bahkan ini anggota pada galau di saat saya pindah, bagaimana ke depannya," imbuh Eko.

Namun bagi Eko, bersepeda itu bukan hanya sekadar olahraga, tetapi lebih membangun kekeluargaan di antara dirinya dengan anggotanya. Itulah cara Eko mendekatkan hubungan dengan anggota di luar jam dinas.

Selain itu, AKBP Eko juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggotanya selama ini. Atas bantuan dan kerja sama para anggotanya, kamtibmas di wilayah Polres Kediri Kota bisa terjaga.

Kapolres Kediri Kota yang baru AKBP Wahyudi juga menyampaikan terima kasih kepada AKBP Eko, yang berhasil menekan penyebaran COVID-19. Di kepemimpinannya, ia berharap bisa melanjutkan keberhasilan yang telah diraih pendahulunya itu.

"Tapi kita jangan berbangga diri dulu dan jangan hilang kewaspadaan kita, karena sekarang sudah ada varian-varian baru yang masuk ke Jawa Timur. Selama mendampingi Bapak Kapolda, karena saya Koorspripim (Staf Pribadi Pimpinan), saya tahu betul wilayah Bangkalan seperti apa, wilayah Madiun Raya seperti apa," kata AKBP Wahyudi.

AKBP Wahyudi berharap di Kediri Kota tidak ada varian baru COVID-19. Ke depan, ia meminta jajarannya betul-betul menjaga dengan meningkatkan kewaspadaan dan kinerja di bidang masing-masing.

(sun/bdh)